Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/104638
Title: Analisis Pemanfaatan Aplikasi Edukatif Pada Gawai Untuk Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Oleh Orang Tua Murid Kelompok b2 DI TK Dharma Wanita Tegal Gede Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2019/2020
Authors: YULIANTI, Nanik
INDAH, Luh Putu I
SETYAWATI, Servyka Anggun
Keywords: Aplikasi Edukatif Gawai
Issue Date: 27-Aug-2020
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember
Abstract: Penggunaan gawai sekarang bukan lagi dominasi orang dewasa saja sebab kini anak-anak juga merupakan pengguna yang aktif. Tak bisa dipungkiri era teknologi komunikasi kini semakin pesat sehingga beberapa produknya seperti gawai semakin banyak ditemui. Dampak negatif pun juga bisa dirasakan oleh penggunanya seperti gangguan fisik bahkan perubahan sikap ke arah negatif juga bisa dirasakan seperti anak mulai malas belajar, suka berbohong, membolos sekolah (Jinan dan Christina, 2011:73). Selain itu, disisi lain dampak positif bagi pengguna juga bisa dirasakan seperti halnya sebagai sarana edukasi untuk membantu perkembangan kecerdasan anak. Nelson (dalam Jinan dan Christina, 2011:77) pernah mengatakan bahwa video games bisa mempertajam kemampuan berpikir dan kecepatan berpikir serta meningkatkan sisi kognitif (kepandaian) otak, terutama untuk games yang bersifat action dan puzzle. Adanya dampak positif dari hal tersebut sama halnya dengan yang diperlihatkan oleh anak yang berinisial F, R, J di TK Dharma Wanita Tegal Gede Kabupaten Jember, sehingga peneliti tertarik untuk meneliti lebih dalam tentang pemanfaatan aplikasi edukatif pada gawai yang dilakukan oleh anak yang berinisial F, R, J.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/104638
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SERVYKA ANGGUN SETYAWATI-160210205105.pdf5.97 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools