Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/103516
Title: Pengaruh Kualitas Produk, Periklanan, Sales Promotion dan Perceived Risk terhadap Minat Beli Ulang Produk Clothing di Tokopedia (Studi Pada Konsumen di Kota Jember)
Authors: Prasodjo, Adi
Nugraha, Kristian Suhartadi Widi
Maliki, Bachtiar
Keywords: Kualitas Produk
Periklanan
Sales Promotion
Perceived Risk
Minat Beli Ulang Produk
Issue Date: 23-Dec-2019
Publisher: Jurusan Manajemen; Fakultas Ekonomi dan Bisnis 2019
Abstract: Internet adalah salah satu hasil dari perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang membawa pengaruh positif maupun negatif pada kegiatan bisnis di Indonesia. Jumlah pengguna internet yang semakin bertambah dari tahun ke tahun membuka peluang pasar bagi pelaku bisnis berbasis internet atau e-commerce. Bentuk e-commerce yang banyak diminat di Indonesia saat ini adalah online marketplace, salah satunya adalah Tokopedia yang juga merupakan online marketplace dengan pengunjung bulanan terbanyak di Indonesia. Terdapat berbagai jenis barang yang dijual di Tokopedia seperti barang elektronik, pakaian, kecantikan, dan lain sebagainya. Di Tahun 2018, produk mobile & electronics mendominasi jumlah transaksi di Tokopedia dengan jumlah 22%. Kemudian disusul oleh produk fashion atau clothing di posisi kedua dengan jumlah 12%. Produk clothing berpotensi untuk berada di urutan pertama karena selain produk clothing merupakan kebutuhan primer, hasil survey pada situs databoks.katadata.id menunjukkan bahwa produk clothing adalah produk yang paling banyak dibeli melalui internet. Hal tersebut menandakan bahwa minat beli ulang pelanggan Tokopedia terhadap produk clothing perlu ditingkatkan. Oleh sebab itu Tokopedia harus mulai meningkatkan kinerjanya dalam mengelola faktor-faktor yang dapat mempengaruhi minat beli ulang produk clothing seperti kualitas produk, periklanan, sales promotion, dan perceived risk. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas produk, periklanan, sales promotion, dan perceived risk terhadap minat beli ulang produk clothing di Tokopedia. Pengambilan sampel penelitian ini dilakukan di Kota Jember dengan menggunakan metode purposive sampling dan ditentukan jumlahnya sebanyak 100 orang. Sumber data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas produk, periklanan, sales promotion, dan perceived risk berpengaruh positif signifikan terhadap minat beli ulang produk clothing Tokopedia.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/103516
Appears in Collections:UT-Faculty of Economic and Business

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Bachtiar Maliki - 150810201214.pdf1.2 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools