Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/103318
Title: Analisis Tingkat Pelayanan Dermaga Pelabuhan Tanjung Wangi Kabupaten Banyuwangi
Authors: septy amaliyah, RIZKA
hasanuddin, AKHMAD
kriswardhana, WILLY
Keywords: BOR
Kinerja
Peningkatan
Issue Date: 2-Jun-2020
Publisher: ANALISIS TINGKAT PELAYANAN DERMAGA PELABUHAN TANJUNG WANGI KABUPATEN BANYUWANGI
Abstract: Peningkatan jumlah kunjungan kapal di setiap tahunnya harus diimbangi dengan kinerja pelayanan yang baik. Kinerja pelayanan dari suatu pelabuhan dapat diukur dari sedikitnya waiting time, cepatnya waktu pelayanan pemanduan dan seefektif kapal berada pada dermaga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji mengenai kinerja pelayanan Pelabuhan Tanjung Wangi berdasarkan indikator waiting time, approach time, effectife time berbanding berth time yang dibandingkan dengan standar kinerja operasional pelabuhan dan untuk mencegah peningkatan jumlah kunjungan kapal pada tahun yang akan datang perlu dilakukan proyeksi nilai Berth Occupancy Ratio (BOR) jangka panjang menggunakan regresi linier dan memproyeksikan panjang dermaga rencana. Berdasarkan hasil penelitian, pelabuhan tanjung wangi memiliki kinerja yang masih memenuhi nilai standar operasional pelabuhan yaitu (effektif time : berth time) sebesar 60,39% dan nilai maksimum BOR pada tahun 2030 ialah 87,31% dengan panjang dermaga rencana pada tahun 2030 sepanjang 380 meter.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/103318
Appears in Collections:LSP-Jurnal Ilmiah Dosen

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
FT_Willy Kriswardhana_Jurnal_ANALISIS TINGKAT PELAYANAN DERMAGA PELABUHAN.pdf2.13 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.