Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/102965
Title: Pemecahan Masalah dalam Menyelesaikan Soal Jumping Task ditinjau dari Gaya Kognitif
Authors: HOBRI, Hobri
TUSSOLIKHA, Dianita
OKTAVIANINGTYAS, Ervin
Keywords: gaya kognitif
jumping task
pemecahan masalah matematis
Issue Date: 1-Jul-2020
Publisher: Jurnal Elemen, Vol. 6 No. 2, Juli 2020, hal. 183 – 198
Abstract: Diberikannya jumping task (JT) merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Penelitian deskriptif kualitatif dilakukan untuk menggambarkan dan menganalisis kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika, baik yang bergaya kognitif field dependent (FD) dan field independent (FI). JT adalah soal dengan level tingkat tinggi, C4-C6 dalam taksonomi Bloom topik Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel (SPLTV). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 1 SMA Negeri 4 Jember dengan 30 siswa yang terdiri dari 5 siswa FD dan 25 siswa FI. Metode pengumpulan data menggunakan tes (soal JT) dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan kemampuan subjek FD dan FI dalam tahap melaksanakan rencana penyelesaian dan memeriksa kembali, yaitu subjek FI mempunyai kemampuan pemecahan yang lebih baik jika dibandingkan subjek FD dalam tahap merencanakan penyelesaian dan memeriksa kembali, sedangkan pada tahapan Polya yang lain tidak ada perbedaan.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/102965
Appears in Collections:LSP-Jurnal Ilmiah Dosen

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
F. KIP_Jurnal_Hobri_Pemecahan Masalah dalam Menyelesaikan Soal Jumping Task.pdf906.4 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.