Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/102416
Title: | Pengembangan Soal Terbuka (Open Ended) Materi Bangun Datar Untuk Mengukur Kemampuan Penalaran Matematika Siswa Smp Kelas VIII |
Authors: | TRAPSILASIWI, Dinawati PRATAMA M, Randi SUDIATI, Konita Diyah |
Keywords: | soal terbuka (Open Ended) materi bangun datar kemampuan penalaran matematika penalaran matematika |
Issue Date: | 16-Dec-2019 |
Publisher: | Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan Pendidikan Mipa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember 2019 |
Series/Report no.: | 130210101008; |
Abstract: | Kemampuan penalaran menjadi salah satu kegiatan yang dapat dilakukan untuk mencapai tujuan kurikulum 2013. Kemampuan penalaran erat kaitannya dengan bagaimana siswa menyelesaikan permasalahan dalam matematika. Kemampuan penalaran tidak dapat dimiliki secara langsung oleh siswa melainkan dapat diperoleh melalui latihan. Ada banyak cara mengembangkan kemampuan penalaran antara lain guru memberikan soal-soal yang tidak biasa, yang tidak hanya memuat soal rutin. Salah satu permasalahan matematika yang dapat membiasakan siswa untuk menggunakan kemampuan penalarannya adalah penggunaan soal Open Ended. Soal open ended adalah soal yang memiliki satu cara penyelesaian dengan banyak jawaban benar, soal yang memiliki banyak cara penyelesaian dengan banyak jawaban benar, dan soal yang memiliki banyak cara penyelesaian dengan satu jawaban benar. Soal open ended untuk mengukur kemampuan penalaran siswa SMP berdasarkan Indikator kemampuan penalaran yang dijelaskan dalam teknis Peraturan Dirjen Dikdasmen Depdiknas Nomor 506/C/Kep/PP/2004 tanggal 11 November 2004. Pada penelitian ini dilakukan pengembangan soal open ended yang bertujuan untuk mengukur kemampuan penalaran pada siswa SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang berorientasi pada pengembangan produk berupa soal open ended. Penelitian pengembangan ini menggunakan model 4D (four-D Model). Model tersebut terbagi kedalam 4 tahapan yaitu: tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (disseminate). Instrumen penelitian yang digunakan yaitu instrumen soal open ended. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar validasi dan uji coba produk di lapangan. Analisis yang dilakukan pada penelitian ini meliputi analisis validitas soal, reliabilitas soal, tingkat kesukaran soal, dan daya pembeda soal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa soal open ended yang dikembangkan layak digunakan untuk mengukur kemampuan penalaran siswa SMP. Hal tersebut berdasarkan uji validitas dengan nilai secara umum mencapai 4,344 dengan interprestasi valid. reliabilitas soal open ended yang diujicobakan pada kelas VIII B adalah 0,48 dengan interprestasi “reliabilitas sedang”. Tingkat kesukaran soal open ended dapat dilihat dari indeks kesukaran masing-masing item soal. Soal open ended yang diujicobakan pada nomor 1, 2 dan 3 memiliki tingkat kesukaran berturut-turut 0,64, 0,64 dan 0,64 dengan kriteria “Sedang”. Daya pembeda soal dapat dilihat dari daya pembeda masing masing soal open ended. Soal open ended yang diujicobakan pada nomor 1, 2, 3, memiliki daya pembeda berturut-turut 0,25; 0,285; 0,25 dengan kriteria “Baik”. Berdasarkan analisis uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda diketahui bahwa paket tes kemampuan penalaran matematika yang telah dikembangkan, secara keseluruhan memenuhi kriteria kualitas soal open ended pada Bab 3 sehingga seluruh butir soal open ended dapat dikatakan baik. Soal open ended yang dihasilkan dari penelitian ini adalah soal yang terdiri dari 3 soal uraian dengan alokasi waktu 90 menit. Berdasarkan uji coba lapangan diketahui bahwa siswa yang memiliki kemampuan penalaran dengan kategori sangat baik berjumlah 2 siswa (7,4 %) dari 27 siswa. Kemampuan penalaran dengan kategori baik berjumlah 11 siswa (40,7 %) dari 27 siswa. Kemampuan penalaran dengan kategori cukup berjumlah 14 siswa (51 %) dari 27 siswa. Kemampuan penalaran dengan kategori kurang berjumlah 0 siswa (0 %) dari 27 siswa. Dan Kemampuan penalaran dengan kategori sangat kurang berjumlah 0 siswa (0 %) dari 27 siswa. Jumlah siswa adalah 32 siswa. Ada 5 siswa yang tidak mengikuti tes. 3 siswa tidak masuk sekolah dan 2 siswa sedang mengikuti rapat OSIS. |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/102416 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Konita Diyah Sudiati -130210101008.pdf-.pdf | 3.3 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools