Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/102337
Title: Analisis Tegangan dan Regangan pada Poros Lokomotif BB 30328
Authors: JATISUKAMTO, Gaguk
NURKHOYIM K, Muhammad
Keywords: Sudut puntir poros
intensitas tegangan
tegangan geser
intensitas regangan
intensitas regangan
Issue Date: 2-Jan-2009
Publisher: Jurnal Teknik Mesin ROTOR, Vol. 2, No. 1, Januari 2009
Abstract: Penelitian ini bertujuan menganalisis tegangan dan regangan yang menyebabkan perpatahan poros lokomotif kereta api BB 30328 milik PT KAI DAOPS IX Jember. Metodologi pengolahan data menggunakan pendekatan metode elemen hingga dengan program Ansys 9.0. Untuk memudahkan identifikasi, pada poros dibagi menjadi segmen-segmen. Perpatahan riil poros terletak pada segmen D. Dari hasil analisis perhitungan diperoleh informasi sebagai berikut: 1) Laju puntiran poros terbesar terletak pada segmen D dan K, sebesar 4,45 x 10 rad/m. 2) Intensitas tegangan maksimum pada segmen D sebesar 0,16486 x 10 . 3) ( xy ) maks pada segmen D, sebesar -0,27439 x 10 7 N/m 2 ; ( xz ) maks pada segmen D, sebesar -0,77724 x 10 7 N/m 2 . 4) Intensitas regangan tertinggi pada segmen D sebesar 0,10963 x 10 -3 . 5) ( xy ) maks sebesar -0,36493 x 10 -4 -3 8 pada segmen D; ( yz = 0,10968 x 10 -4 pada segmen F. ( xz ) maks terletak pada segmen D, sebesar -0,10337 x 10 -3 . Kesimpulan: Segmen D adalah segmen poros dimensi terkecil mengalami intensitas tegangan maksimum, ( xy ) maksimum, ( xz ) maksimum, intensitas regangan maksimum, ( xy ) maksimum , dan ( xz ) maksimum. Peluang terjadinya perpatahan dapat terjadi pada segmen F karena harga ( yz ) maksimum, dan segmen K karena laju puntirannya maksimum, sehingga segmen-segmen ini dimungkinkan mengalami deformasi terbesar. Lokasi perpatahan hasil analisis perhitungan memberikan hasil yang sama dengan lokasi perpatahan riil.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/102337
Appears in Collections:LSP-Jurnal Ilmiah Dosen

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
F. T_Jurnal_Gaguk J_AnalisisTegangandanReganganPadaPorosLokomotif.pdf212.71 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.