Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/102337
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorJATISUKAMTO, Gaguk-
dc.contributor.authorNURKHOYIM K, Muhammad-
dc.date.accessioned2020-12-04T02:06:55Z-
dc.date.available2020-12-04T02:06:55Z-
dc.date.issued2009-01-02-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/102337-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan menganalisis tegangan dan regangan yang menyebabkan perpatahan poros lokomotif kereta api BB 30328 milik PT KAI DAOPS IX Jember. Metodologi pengolahan data menggunakan pendekatan metode elemen hingga dengan program Ansys 9.0. Untuk memudahkan identifikasi, pada poros dibagi menjadi segmen-segmen. Perpatahan riil poros terletak pada segmen D. Dari hasil analisis perhitungan diperoleh informasi sebagai berikut: 1) Laju puntiran poros terbesar terletak pada segmen D dan K, sebesar 4,45 x 10 rad/m. 2) Intensitas tegangan maksimum pada segmen D sebesar 0,16486 x 10 . 3) ( xy ) maks pada segmen D, sebesar -0,27439 x 10 7 N/m 2 ; ( xz ) maks pada segmen D, sebesar -0,77724 x 10 7 N/m 2 . 4) Intensitas regangan tertinggi pada segmen D sebesar 0,10963 x 10 -3 . 5) ( xy ) maks sebesar -0,36493 x 10 -4 -3 8 pada segmen D; ( yz = 0,10968 x 10 -4 pada segmen F. ( xz ) maks terletak pada segmen D, sebesar -0,10337 x 10 -3 . Kesimpulan: Segmen D adalah segmen poros dimensi terkecil mengalami intensitas tegangan maksimum, ( xy ) maksimum, ( xz ) maksimum, intensitas regangan maksimum, ( xy ) maksimum , dan ( xz ) maksimum. Peluang terjadinya perpatahan dapat terjadi pada segmen F karena harga ( yz ) maksimum, dan segmen K karena laju puntirannya maksimum, sehingga segmen-segmen ini dimungkinkan mengalami deformasi terbesar. Lokasi perpatahan hasil analisis perhitungan memberikan hasil yang sama dengan lokasi perpatahan riil.en_US
dc.language.isoInden_US
dc.publisherJurnal Teknik Mesin ROTOR, Vol. 2, No. 1, Januari 2009en_US
dc.subjectSudut puntir porosen_US
dc.subjectintensitas teganganen_US
dc.subjecttegangan geseren_US
dc.subjectintensitas reganganen_US
dc.subjectintensitas reganganen_US
dc.titleAnalisis Tegangan dan Regangan pada Poros Lokomotif BB 30328en_US
dc.typeArticleen_US
dc.identifier.kodeprodiKODEPRODI1910101#Teknik Mesin-
dc.identifier.nidnNIDN0009026907-
Appears in Collections:LSP-Jurnal Ilmiah Dosen

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
F. T_Jurnal_Gaguk J_AnalisisTegangandanReganganPadaPorosLokomotif.pdf212.71 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.