Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/102337
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | JATISUKAMTO, Gaguk | - |
dc.contributor.author | NURKHOYIM K, Muhammad | - |
dc.date.accessioned | 2020-12-04T02:06:55Z | - |
dc.date.available | 2020-12-04T02:06:55Z | - |
dc.date.issued | 2009-01-02 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/102337 | - |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan menganalisis tegangan dan regangan yang menyebabkan perpatahan poros lokomotif kereta api BB 30328 milik PT KAI DAOPS IX Jember. Metodologi pengolahan data menggunakan pendekatan metode elemen hingga dengan program Ansys 9.0. Untuk memudahkan identifikasi, pada poros dibagi menjadi segmen-segmen. Perpatahan riil poros terletak pada segmen D. Dari hasil analisis perhitungan diperoleh informasi sebagai berikut: 1) Laju puntiran poros terbesar terletak pada segmen D dan K, sebesar 4,45 x 10 rad/m. 2) Intensitas tegangan maksimum pada segmen D sebesar 0,16486 x 10 . 3) ( xy ) maks pada segmen D, sebesar -0,27439 x 10 7 N/m 2 ; ( xz ) maks pada segmen D, sebesar -0,77724 x 10 7 N/m 2 . 4) Intensitas regangan tertinggi pada segmen D sebesar 0,10963 x 10 -3 . 5) ( xy ) maks sebesar -0,36493 x 10 -4 -3 8 pada segmen D; ( yz = 0,10968 x 10 -4 pada segmen F. ( xz ) maks terletak pada segmen D, sebesar -0,10337 x 10 -3 . Kesimpulan: Segmen D adalah segmen poros dimensi terkecil mengalami intensitas tegangan maksimum, ( xy ) maksimum, ( xz ) maksimum, intensitas regangan maksimum, ( xy ) maksimum , dan ( xz ) maksimum. Peluang terjadinya perpatahan dapat terjadi pada segmen F karena harga ( yz ) maksimum, dan segmen K karena laju puntirannya maksimum, sehingga segmen-segmen ini dimungkinkan mengalami deformasi terbesar. Lokasi perpatahan hasil analisis perhitungan memberikan hasil yang sama dengan lokasi perpatahan riil. | en_US |
dc.language.iso | Ind | en_US |
dc.publisher | Jurnal Teknik Mesin ROTOR, Vol. 2, No. 1, Januari 2009 | en_US |
dc.subject | Sudut puntir poros | en_US |
dc.subject | intensitas tegangan | en_US |
dc.subject | tegangan geser | en_US |
dc.subject | intensitas regangan | en_US |
dc.subject | intensitas regangan | en_US |
dc.title | Analisis Tegangan dan Regangan pada Poros Lokomotif BB 30328 | en_US |
dc.type | Article | en_US |
dc.identifier.kodeprodi | KODEPRODI1910101#Teknik Mesin | - |
dc.identifier.nidn | NIDN0009026907 | - |
Appears in Collections: | LSP-Jurnal Ilmiah Dosen |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
F. T_Jurnal_Gaguk J_AnalisisTegangandanReganganPadaPorosLokomotif.pdf | 212.71 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.