dc.description.abstract | Keterampilan menulis merupakan salah satu dari empat keterampilan
berbahasa yang memiliki peran penting untuk perkembangan peserta didik.
Berdasarkan hasil wawancara pada guru kelas III MI Unggulan Nuris, rendahnya
keterampilan menulis dikarenakan oleh beberapa faktor, diantaranya: 1) mayoritas
siswa kesulitan dalam membedakan antara judul dan tema, 2) siswa juga kesulitan
dalam menyampaikan ide, gagasan, dan pikiran mereka yang kemudian mereka
susun menjadi suatu paragraf, dan 3) pembelajaran belum mampu menarik minat
belajar siswa dan merangsang daya kreativitas siswa.
Hasil nilai ulangan harian mata pelajaran Bahasa Indonesia aspek
menulis kelas III MI Unggulan Nuris menunjukkan bahwa nilai dari 35 siswa,
hanya 19 siswa (54,28%) dengan nilai ≥ 65 telah mencapai ketuntasan belajar,
sedangkan 16 siswa (45,72%) dengan nilai < 65 belum mencapai ketuntasan
belajar. Oleh karena itu, diperlukan media pembelajaran yang dapat membantu
siswa untuk lebih senang, aktif dan kereatif dalam pembelajaran menulis.
Berdasarkan pokok permasalahan di atas, maka rumusan masalahnya
sebagai berikut, (1) bagaimanakah penerapan media gambar berseri untuk
meningkatkan keterampilan menulis karangan sederhana mata pelajaran Bahasa
Indonesia pada siswa kelas III MI Unggulan Nuris Jember tahun pelajaran
2015/2016?, dan (2) bagaimanakah peningkatan keterampilan menulis karangan
sederhana setelah digunakannya media gambar berseri pada siswa kelas III MI
Unggulan Nuris Jember tahun pelajaran 2015/2016?. Adapun tujuan penelitian ini
adalah (1) Mendeskripsikan media gambar berseri untuk meningkatkan
keterampilan menulis karangan sederhana mata pelajaran Bahasa Indonesia pada
siswa kelas III MI Unggulan Nuris Jember tahun pelajaran 2015/2016, dan (2)
Meningkatkan keterampilan menulis karangan sederhana setelah digunakannya
media gambar berseri pada siswa kelas III MI Unggulan Nuris Jember tahun
pelajaran 2015/2016.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan
subjek penelitian terdiri atas 35 siswa. Penelitian ini dilaksanakan di MI Unggulan
Nuris Jember, pada tanggal 23 dan 25 Mei 2016.
Hasil penelitian pada siklus I masih terdapat beberapa kekurangan yaitu
siswa masih kesulitan dalam membuat kalimat efektif, siswa kesulitan dalam
mengembangkan kalimat menjadi suatu karangan yang runtut, serta siswa sulit
menggunakan ejaan dan tanda baca dengan tepat dan benar. Berdasarkan
pengamatan yang dilakukan pada siklus I, dilakukan pembenahan dan pencarian
solusi yang kemudian diterapkan pada siklus II. Pada siklus II diketahui bahwa
proses pembelajaran sudah jauh lebih baik daripada siklus I dimana guru
menunjukkan kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan siswa pada
pembelajaran sebelumnya dan memberikan pembetulan, guru juga memberikan
lebih banyak contoh membuat kalimat dalam menulis karangan dari
pengembangan kerangka karangan melalui gambar berseri, sehingga keterampilan
menulis siswa juga mengalami peningkatan.
Saran dari penelitian ini adalah penggunakan media pembelajaran yang
variatif dan inovatif seperti media gambar berseri sangat menunjang dalam proses
pembelajaran. | en_US |