Show simple item record

dc.contributor.advisorSuhartiningsih
dc.contributor.advisorYuliati, Nanik
dc.contributor.authorEsa, Gilang Semesta Aji Gusti
dc.date.accessioned2020-07-24T00:22:15Z
dc.date.available2020-07-24T00:22:15Z
dc.date.issued2017-03-17
dc.identifier.nim120210204029
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/99972
dc.description.abstractKeterampilan menulis merupakan salah satu dari empat keterampilan berbahasa yang memiliki peran penting untuk perkembangan peserta didik. Berdasarkan hasil wawancara pada guru kelas III MI Unggulan Nuris, rendahnya keterampilan menulis dikarenakan oleh beberapa faktor, diantaranya: 1) mayoritas siswa kesulitan dalam membedakan antara judul dan tema, 2) siswa juga kesulitan dalam menyampaikan ide, gagasan, dan pikiran mereka yang kemudian mereka susun menjadi suatu paragraf, dan 3) pembelajaran belum mampu menarik minat belajar siswa dan merangsang daya kreativitas siswa. Hasil nilai ulangan harian mata pelajaran Bahasa Indonesia aspek menulis kelas III MI Unggulan Nuris menunjukkan bahwa nilai dari 35 siswa, hanya 19 siswa (54,28%) dengan nilai ≥ 65 telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 16 siswa (45,72%) dengan nilai < 65 belum mencapai ketuntasan belajar. Oleh karena itu, diperlukan media pembelajaran yang dapat membantu siswa untuk lebih senang, aktif dan kereatif dalam pembelajaran menulis. Berdasarkan pokok permasalahan di atas, maka rumusan masalahnya sebagai berikut, (1) bagaimanakah penerapan media gambar berseri untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan sederhana mata pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas III MI Unggulan Nuris Jember tahun pelajaran 2015/2016?, dan (2) bagaimanakah peningkatan keterampilan menulis karangan sederhana setelah digunakannya media gambar berseri pada siswa kelas III MI Unggulan Nuris Jember tahun pelajaran 2015/2016?. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan media gambar berseri untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan sederhana mata pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas III MI Unggulan Nuris Jember tahun pelajaran 2015/2016, dan (2) Meningkatkan keterampilan menulis karangan sederhana setelah digunakannya media gambar berseri pada siswa kelas III MI Unggulan Nuris Jember tahun pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan subjek penelitian terdiri atas 35 siswa. Penelitian ini dilaksanakan di MI Unggulan Nuris Jember, pada tanggal 23 dan 25 Mei 2016. Hasil penelitian pada siklus I masih terdapat beberapa kekurangan yaitu siswa masih kesulitan dalam membuat kalimat efektif, siswa kesulitan dalam mengembangkan kalimat menjadi suatu karangan yang runtut, serta siswa sulit menggunakan ejaan dan tanda baca dengan tepat dan benar. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan pada siklus I, dilakukan pembenahan dan pencarian solusi yang kemudian diterapkan pada siklus II. Pada siklus II diketahui bahwa proses pembelajaran sudah jauh lebih baik daripada siklus I dimana guru menunjukkan kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan siswa pada pembelajaran sebelumnya dan memberikan pembetulan, guru juga memberikan lebih banyak contoh membuat kalimat dalam menulis karangan dari pengembangan kerangka karangan melalui gambar berseri, sehingga keterampilan menulis siswa juga mengalami peningkatan. Saran dari penelitian ini adalah penggunakan media pembelajaran yang variatif dan inovatif seperti media gambar berseri sangat menunjang dalam proses pembelajaran.en_US
dc.language.isoInden_US
dc.publisherFakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Jemberen_US
dc.subjectGambar Berserien_US
dc.subjectKeterampilan Menulis Karangan Sederhanaen_US
dc.titlePenerapan Media Gambar Berseri Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Siswa Kelas III MI Unggulan Nuris Jember Tahun Pelajaran 2015/2016en_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru sekolah Dasar
dc.identifier.kodeprodi0210204


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record