• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Penggunaan Media Permainan Bowling Number terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan 1-10 pada Anak Kelompok A di TK Muslimat NU 63 Wuluhan Jember Tahun Pelajaran 2018/2019

    Thumbnail
    View/Open
    Nida Nur Hikmah -150210205099.pdf (5.971Mb)
    Date
    2019-04-24
    Author
    HIKMAH, Nida Nur
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pendidikan anak usia dini diharapkan dapat mengembangkan seluruh aspek perkembangan anak, meliputi perkembangan moral dan nilai agama, kognitif, sosial emosional, bahasa, fisik motorik, dan seni, memiliki pengetahuan dan keterampilan sesuai dengan perkembangan dan karakteristik anak usia dini. Metode yang menyenangkan dan menggunakan media yang menarik ketika pembelajaran akan memudahkan anak dalam mencapai tujuan dari program PAUD. Berkenaan hal tersebut, media permainan Bowling Number diharapkan dapat membantu proses pembelajaran untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, “Apakah ada pengaruh penggunaan media permainan Bowling Number terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 pada anak kelompok A di TK Muslimat NU 63 Wuluhan Jember Tahun Pelajaran 2018/2019?” adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan media permainan Bowling Number terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 pada anak kelompok A di TK Muslimat NU 63 Wuluhan Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimental dengan desain penelitian pra eksperimental menggunakan pola penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Lokasi yang digunakan sebagai tempat penelitian yaitu di TK Muslimat NU 63 Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Metode pengambilan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Uji validitas dan uji reliabilitas dalam penelitian ini menggunakan rumus Spearman’s rho atau tata jenjang. Analisis datanya mengunakan uji t Paired Sampel T-Test karena data yang diambil berupa angka dan sampel yang berhubungan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dengan menggunakan paired sample t-test diperoleh hasil thitung sebesar 12,533, dan nilai p sebesar 0,00. Hasil penghitungan t-test kemudian dikonsultasikan dengan taraf signifikansi 0,05. Berdasarkan hasil tersebut dapat diketahui bahwa nilai signifikansinya <0,05, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak yang artinya ada pengaruh penggunaan media permainan Bowling Number terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 pada anak kelompok A di TK Muslimat NU 63 Wuluhan Jember. Beberapa saran yang disampaikan dari hasil penelitian ini adalah bahwa guru hendaknya menerapkan media permainan Bowling Number untuk mengembangkan kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 pada anak dengan menggunakan pin bowling yang lebih kokoh, pemberian reward untuk meningkatkan konsentrasi dan minat anak untuk ikut bermain sehingga pembelajaran lebih kondusif. Saran untuk peneliti lain, hendaknya menggunakan media yang lebih kokoh dan memberikan langkah pengkondisian kepada anak sebelum permainan Bowling Number dimulai.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/99970
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository