Show simple item record

dc.contributor.advisorKANTUN, Sri
dc.contributor.advisorHARTANTO, Wiwin
dc.contributor.authorMUHLIS
dc.date.accessioned2020-07-23T03:22:59Z
dc.date.available2020-07-23T03:22:59Z
dc.date.issued2020
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/99928
dc.description.abstractBelajar memiliki peranan yang sangat penting terhadap perubahan tingkah laku seseorang ke arah yang lebih baik. Belajar juga memiliki tujuan yang ingin dicapai, namun dalam proses mencapai tujuan belajar tidak senantiasa berhasil, sering kali terjadi kegagalan atau kesulitan yang dialami oleh siswa. Siswa kelas XI Akuntansi SMKN 1 Jember mengalami kesulitan belajar pada mata pelajaran akuntansi kompetensi dasar ayat jurnal penyesuaian perusahaan dagang yang identik dengan proses menganalisis dan menghitung. Kesulitan belajar yang dialami oleh siswa kelas XI Akuntansi SMKN 1 Jember pada materi ayat jurnal penyesuaian perusahaan dagang dapat disebabkan oleh faktor intern yaitu, faktor intelegensi, kesiapan siswa dalam belajar dan minat belajar siswa terhadap materi ayat jurnal penyesuaian. Faktor intelegensi meliputi: (1) keterampilan siswa dalam mengerjakan ayat jurnal penyesuaian, (2) ketelitian siswa dalam mengerjakan ayat jurnal penyesuaian, dan (3) kemandirian siswa dalam mengerjakan ayat jurnal penyesuaian. Siswa yang mengalami kesulitan belajar pada materi ayat jurnal penyesuaian ditandai dengan rendahnya nilai tugas 1, tugas 2 dan ulangan harian yang masih di bawah 75. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab kesulitan belajar materi ayat jurnal peneysuaian perusahaan dagang dan solusinya pada siswa kelas XI Akuntansi SMKN 1 Jember tahun ajaran 2018-2019. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif menggunakan pendekatan kuantitatif. Penentuan lokasi dalam penelitian ini menggunakan metode purposive area. Adapun metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, dokumen, angket dan wawancara. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyebab kesulitan belajar yang dialami oleh siswa kelas XI Akuntansi SMKN 1 Jember, yaitu (1) keterampilan siswa dalam mengerjakan ayat jurnal penyesuaian masih di kategorikan rendah, yaitu sebesar 46,4%. Rendahnya keterampilan siswa disebabkan karena pemahaman konsep dasar siswa dalam menentukan letak akun antara debet dan kredit juga masih rendah, (2) ketelitian siswa dalam mengerjakan ayat jurnal penyesuaian masih di kategorikan rendah, yaitu sebesar 41,6%. Rendahnya ketelitian siswa disebabkan karena siswa tidak memeriksa kembali hasil dari mengerjakan soal ayat jurnal penyesuaian dan penyebab lainnya adalah kondisi kelas kurang kondusif untuk dijadikan ruang belajar, (3) kemandirian siswa dalam mengerjakan ayat jurnal penyesuaian juga masih di kategorikan rendah, yaitu sebesar 50%. Rendahnya kemandirian siswa disebabkan karena siswa sering mencontek pekerjaan teman ketika ulangan harian atau pun mengerjakan tugas dan juga siswa kurang percaya diri terhadap kemampuan dirinya sendiri pada saat mengerjakan ayat jurnal penyesuaian. Faktor lain selain intelegensi yaitu, (4) kesiapan siswa dalam belajar jurnal penyesuaian di kategorikan rendah, yaitu sebesar 45%. Rendahnya kesiapan belajar siswa disebabkan karena siswa tidak mempersiapkan materi ayat jurnal penyesuaian di rumah sebelum belajar di sekolah dan siswa juga merasa bosan di dalam kelas karena guru akuntansi yang mengajar tidak bergantian melainkan satu kelas dipegang satu guru. (5) minat siswa dalam belajar jurnal penyesuaian juga di kategorikan rendah, yaitu sebesar 39,2%. Rendahnya minat belajar siswa disebabkan karena siswa tidak menyukai materi jurnal penyesuaian.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries150210301086;
dc.subjectKesulitan Belajaren_US
dc.subjectAyat Jurnalen_US
dc.subjectPerusahaan Dagangen_US
dc.titleAnalisis Penyebab Kesulitan Belajar Materi Ayat Jurnal Penyesuaian Perusahaan Dagang dan Solusinya Pada Siswa Kelas XI Akuntansi Smkn 1 Jember Tahun Ajaran 2018-2019en_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record