Show simple item record

dc.contributor.advisorMUCHTAR, Imam
dc.contributor.advisorMARDIATI, Yayuk
dc.contributor.authorRAHMATULLAH, Mohammad Iqbal
dc.date.accessioned2020-07-23T03:01:47Z
dc.date.available2020-07-23T03:01:47Z
dc.date.issued2020
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/99920
dc.description.abstractBerdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas IV SDN Tanggul Kulon 1 Jember dapat diketahui bahwa hasil belajar siswa pada tema selalu berhemat energi masih rendah, sehingga diterapkan metode role playing berbantuan gambar seri untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Tanggul Kulon 1 Jember. Dalam proses mempersiapkan pembelajaran siklus I ini peran guru tidak terelakkan, karena guru lebih memahami kondisi kelas secara keseluruhan. Penelitian di kelas IV SDN Tanggul Kulon 1 Jember terdiri 33 siswa yang terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa kelas IV melalui metode role playing berbantuan gambar seri pada tema selalu berhemat energi di SDN Tanggul Kulon 1 Jember”. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV melalui metode role playing berbantuan gambar seri pada tema selalu berhemat energi di SDN Tanggul Kulon 1 Jember. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Tanggul Kulon 1 dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas IV. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pra-siklus siswa yang hasil belajarnya tercapai berjumlah 14 siswa (42,43%), meningkat menjadi 18 siswa (54,55%) atau meningkat sebesar 12,12% pada siklus I. Pada siklus I siswa yang hasil belajarnya tercapai berjumlah 18 siswa (54,55%), meningkat menjadi 25 siswa (75,75%) atau meningkat sebesar 21,20% pada siklus II. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan metode role playing berbantuan gambar seri pada tema selalu berhemat energi pada siswa kelas IV di SDN Tanggul Kulon 1 Jember semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020 dapat meningkatkan hasil belajar siswa mulai dari siklus I hingga siklus II. Dalam siklus I rata-rata skor hasil belajar siswa adalah 67,67 dengan persentase hasil belajar secara klasikal 54,55%, dalam siklus II mengalami peningkatan di mana rata-rata hasil belajar siswa adalah 75,09 dengan persentase hasil belajar secara klasikal 75,75% atau kategori baik. Saran bagi guru, diharapkan mampu menerapkan dan mengetahui kelebihan dan kelemahan metode metode role playing berbantuan gambar seri. Bagi peneliti lain, diharapkan dapat digunaka sebagai referensi untuk mengadakan penelitian sejenis atau dikembangkan untuk penelitian selanjutnya dengan variabel yang berbeda.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries140210204033;
dc.subjectHasil Belajaren_US
dc.subjectRole Playingen_US
dc.subjectMedia Gambaren_US
dc.subjectBerhemat Energien_US
dc.titlePeningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Melalui Metode Role Playing Berbantuan Media Gambar Seri Pada Tema Selalu Berhemat Energi di Sdn Tanggul Kulon 1 Jemberen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record