dc.contributor.author | TEKTONA, Rahmadi Indra | |
dc.contributor.author | HANDONO, Mardi | |
dc.contributor.author | JUFRI, Regina Yurisprastita | |
dc.date.accessioned | 2020-07-23T02:35:18Z | |
dc.date.available | 2020-07-23T02:35:18Z | |
dc.date.issued | 2020-06-01 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/99917 | |
dc.description.abstract | Penulisan Jurnal bertujuan untuk mengetahui upaya penyelesaian sengketa bagi pengguna kartu Tap
Cash BNI yang mengalami kegagalan pengisian saldo (top up) yang mengakibatkan kerugian kepada
konsumen. Fokus permasalahan adalah bagaimana upaya penyelesaian sengketa antara pihak bank
sebagai penerbit kartu Tap Cash dengan konsumen pengguna uang elektronik. Penelitian ini diawali
dengan mengkaji berbagai undang-undang dan peraturan yang menjadi dasar perlindungan hukum
bagi pengguna kartu, untuk itu digunakan penelitian yuridis normatif, dengan mengkaji peraturan
perundang-undangan yang berlaku. penulis juga menggunakan konsep negara hukum yang
berkewajiban memberikan jaminan hukum. Dalam permasalahan upaya penyelesaian sengketa bagi
konsumen pengguna kartu Tap Cash BNI berlaku pula konsep perlindungan hukum berdasarkan
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen dan
Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor: 1/POJK.07/2013 Tentang Perlindungan Konsumen Sektor
Jasa Keuangan. Analisa bahan hukum yang digunakan yaitu analisis bahan hukum dengan metode
deduktif yang merupakan metode penelitian berdasarkan konsep yang bersifat umum untuk
memberikan penjelasan konkrit permasalahan hukum yang bersifat khusus, data dikumpulkan melalui
seminar, artikel dan wawancara dan dianalisis secara kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah
dilakukan terhadap permasalahan tersebut ditemukan beberapa bentuk upaya penyelesaian yang
diberikan oleh pihak bank BNI yakni penyelesaian sengketa diluar pengadilan dan penyelesaian
sengketa melalui jalur pengadilan. | en_US |
dc.language.iso | Ind | en_US |
dc.publisher | Jurnal Ilmiah Penegakan Hukum, 7 (1) Juni 2020 | en_US |
dc.subject | Upaya Penyelesaian | en_US |
dc.subject | Sengketa | en_US |
dc.subject | Kartu Tap Cash | en_US |
dc.subject | Gagal Top Up | en_US |
dc.title | Upaya Penyelesaian Sengketa atas Gagalnya Pengisian Saldo (Top Up) yang dialami Pengguna Kartu Tap Cash Bank Negara Indonesia (Efforts to Settle Disputes over the Failure to Fill Up the Balance (Top Up) experienced by Bank Negara Indonesia Tap Cash Card Users) | en_US |
dc.type | Article | en_US |
dc.identifier.kodeprodi | KODEPRODI0710101#Ilmu Hukum | |
dc.identifier.nidn | NIDN00011108006 | |
dc.identifier.nidn | NIDN0001126312 | |