Show simple item record

dc.contributor.authorTEKTONA, Rahmadi Indra
dc.contributor.authorHANDONO, Mardi
dc.contributor.authorJUFRI, Regina Yurisprastita
dc.date.accessioned2020-07-23T02:35:18Z
dc.date.available2020-07-23T02:35:18Z
dc.date.issued2020-06-01
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/99917
dc.description.abstractPenulisan Jurnal bertujuan untuk mengetahui upaya penyelesaian sengketa bagi pengguna kartu Tap Cash BNI yang mengalami kegagalan pengisian saldo (top up) yang mengakibatkan kerugian kepada konsumen. Fokus permasalahan adalah bagaimana upaya penyelesaian sengketa antara pihak bank sebagai penerbit kartu Tap Cash dengan konsumen pengguna uang elektronik. Penelitian ini diawali dengan mengkaji berbagai undang-undang dan peraturan yang menjadi dasar perlindungan hukum bagi pengguna kartu, untuk itu digunakan penelitian yuridis normatif, dengan mengkaji peraturan perundang-undangan yang berlaku. penulis juga menggunakan konsep negara hukum yang berkewajiban memberikan jaminan hukum. Dalam permasalahan upaya penyelesaian sengketa bagi konsumen pengguna kartu Tap Cash BNI berlaku pula konsep perlindungan hukum berdasarkan Undang-undang Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen dan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor: 1/POJK.07/2013 Tentang Perlindungan Konsumen Sektor Jasa Keuangan. Analisa bahan hukum yang digunakan yaitu analisis bahan hukum dengan metode deduktif yang merupakan metode penelitian berdasarkan konsep yang bersifat umum untuk memberikan penjelasan konkrit permasalahan hukum yang bersifat khusus, data dikumpulkan melalui seminar, artikel dan wawancara dan dianalisis secara kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan terhadap permasalahan tersebut ditemukan beberapa bentuk upaya penyelesaian yang diberikan oleh pihak bank BNI yakni penyelesaian sengketa diluar pengadilan dan penyelesaian sengketa melalui jalur pengadilan.en_US
dc.language.isoInden_US
dc.publisherJurnal Ilmiah Penegakan Hukum, 7 (1) Juni 2020en_US
dc.subjectUpaya Penyelesaianen_US
dc.subjectSengketaen_US
dc.subjectKartu Tap Cashen_US
dc.subjectGagal Top Upen_US
dc.titleUpaya Penyelesaian Sengketa atas Gagalnya Pengisian Saldo (Top Up) yang dialami Pengguna Kartu Tap Cash Bank Negara Indonesia (Efforts to Settle Disputes over the Failure to Fill Up the Balance (Top Up) experienced by Bank Negara Indonesia Tap Cash Card Users)en_US
dc.typeArticleen_US
dc.identifier.kodeprodiKODEPRODI0710101#Ilmu Hukum
dc.identifier.nidnNIDN00011108006
dc.identifier.nidnNIDN0001126312


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record