Show simple item record

dc.contributor.authorEKA MEILIASARI
dc.date.accessioned2013-12-18T05:14:13Z
dc.date.available2013-12-18T05:14:13Z
dc.date.issued2013-12-18
dc.identifier.nimNIM050210192069
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9990
dc.description.abstractPenelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan ketuntasan hasil belajar siswa khususnya pada bidang studi fisika. Berdasarkan data observasi awal di kelas VII B SMP Negeri 9 Jember Tahun Ajaran 2010/2011 menunjukkan bahwa ketuntasan belajar fisika siswa masih rendah dan kurang dari Standar Ketuntasan Minimal (SKM). Siswa dikatakan tuntas apabila telah memperoleh nilai ≥ 65. Suatu kelas dinyatakan tuntas apabila terdapat minimal 85% telah mencapai ketuntasan individual. Hal ini ditunjukan berdasarkan data kelas dari 30 siswa, sebanyak 11 siswa (39,29%) dinyatakan tuntas belajar dan mendapatkan nilai ≥ 65 dan 17 siswa (60,71%) dinyatakan tidak tuntas dan mendapatkan nilai <65. Selain itu, aktivitas siswa juga terlihat cenderung pasif, yaitu aktivitas memperhatikan penjelasan guru sebesar 50,00% dan aktivitas bertanya sebesar 26,19%. Salah satu model yang relevan dan media yang dapat diterapkan dalam pembelajaran fisika adalah model kooperatif tipe learning together disertai wacana. Berdasarkan hal tersebut maka dilakukan penelitian tentang pembelajaran fisika di kelas VII B, dengan tujuan sebagai berikut: (1) mendeskripsikan penerapan Model Kooperatif Tipe Learning Together disertai Wacana dalam meningkatkan aktivitas belajar fisika pada siswa Kelas VII B SMP Negeri 9 Jember; (2) mendeskripsikan penerapan Model Kooperatif Tipe Learning Together disertai Wacana dalam meningkatkan ketuntasan hasil belajar fisika pada siswa Kelas VII B SMP Negeri 9 Jember. Model pembelajaran kooperatif Tipe Learning Together merupakan model pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk bekerja sama dengan sesama teman dalam kelompoknya untuk menyelesaikan suatu permasalahan yang disajikan dalam bentuk wacana. Wacana yang disajikan ini berisi tentang kejadian alam serta mengandung masalah untuk dipecahkan dengan konsep-konsep fisika. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, dengan tempat penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 9 Jember. Subyek penelitian adalah siswa kelas VII B. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Persentase aktivitas digunakan untuk menjawab rumusan masalah yang pertama, sedangkan untuk menjawab rumusan masalah yang kedua menggunakan persentase ketuntasan belajar siswa. Hasil analisis data observasi memperlihatkan bahwa aktivitas belajar siswa pada siklus 1 secara klasikal mencapai 72,22% dan berada pada kategori aktif. Pada siklus 2, aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan yang ditunjukkan dengan besarnya persentase secara klasikal menjadi 81,11% dan berada dalam kategori sangat aktif. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada pembelajaran siklus 1 sebesar 76,67%, dan pada siklus 2 sebesar 86,67%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan ketuntasan hasil belajar fisika siswa pada siklus 1 dan siklus 2 secara keseluruhan dikatakan telah mengalami peningkatan. Kesimpulan penelitian ini yaitu dengan penerapan model kooperatif tipe learning together disertai wacana dapat meningkatkan aktivitas dan ketuntasan hasil belajar siswa dalam pembelajaran fisika di kelas VII B SMP Negeri 9 Jember pada semester ganjil tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Pada siklus 1 diperoleh aktivitas belajar siswa sebesar 72,22% dan meningkat pada siklus 2 menjadi 81,11%. Ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus 2 telah mencapai target yang ditentukan yaitu sebesar 86,67%. Pada pembelajaran dengan model kooperatif tipe learning together disertai wacana ini, siswa dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompoknya untuk memahami materi yang diajarkan. Media wacana dibuat dengan mengunakan kata-kata yang mudah dipahami dan disertai dengan gambar yang menunjang materi pelajaran dapat membuat siswa lebih tertarik untuk membaca dan memahami wacana.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries050210192069;
dc.subjectKETUNTASAN HASIL BELAJAR FISIKAen_US
dc.titleMENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR FISIKA DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE LEARNING TOGETHER DISERTAI WACANA PADA SISWA KELAS VII B SMP NEGERI 9 JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record