Show simple item record

dc.contributor.advisorUMAMAH, Nurul
dc.contributor.advisorPUJI, Rully Putri Nirmala
dc.contributor.authorWULANDARI, Hestik
dc.date.accessioned2020-07-22T03:37:12Z
dc.date.available2020-07-22T03:37:12Z
dc.date.issued2019-04-10
dc.identifier.issn150210302058
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/99872
dc.description.abstractPembelajaran sejarah yang berdasarkan kurikulum 2013 bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang bangsa serta kemampuan dalam mengembangkan kehidupan pribadi peserta didik, masyarakat, dan bangsa. Rangkaian peristiwa sejarah mengandung nilai karakter yang menjadi kekuatan penentu nasib Indonesia di kemudian hari. Salah satunya karakter kemandirian yang dijadikan pelindung dari kemorosotan moral remaja. Berdasarkan data lapangan pada 3 SMA Negeri di Kabupaten Jember diketahui beberapa permasalahan yang dihadapi diantaranya: (1) belum maksimalnya implementasi kurikulum 2013 terhadap mata pelajaran sejarah terutama pengembangan materi; (2) terbatasnya bahan ajar tentang materi nilai Sumpah Pemuda dan maknanya bagi kehidupan masa kini. Terbukti dari hasil kemampuan awal menunjukkan 36% peserta didik mengetahui materi dan 64% tidak mengetahui materi tersebut; (3) rendahnya kemandirian peserta didik kelas XI yang hanya mencapai nilai 54%-56%, sehingga peserta didik memiliki tingkat kemandirian kurang baik. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana hasil validasi ahli terhadap e-book Sejarah Indonesia berbasis discovery learning menggunakan model ASSURE?; dan (2) Bagaimana pengembangan e-book Sejarah Indonesia berbasis discovery learning menggunakan model ASSURE dapat meningkatkan kemandirian peserta didik?. Penelitian ini memiliki beberapa tujuan: (1) menghasilkan e-book Sejarah Indonesia berbasis discovery learning yang tervalidasi ahli isi bidang studi, ahli bahasa, dan ahli desain pembelajaran; dan (2) menghasilkan e-book Sejarah Indonesia berbasis discovery learning yang mampu meningkatkan kemandirian peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau reseach and development menggunakan model pengembangan ASSURE yang terdiri dari analyze learner characteristic, state performance objective, select methods, media, and materials, utilize materials, requires leaner participation, dan evaluate dan revize. Pengumpulan data penelitian menggunakan teknik dokumentasi, observasi, angket, dan wawancara. Subjek penelitian melibatkan pendidik mata pelajaran sejarah dan 40 peserta didik kelas XI SMAN 1 Jember. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil validasi berturut-turut menunjukkan: (1) ahli isi bidang studi memperoleh nilai 78% masuk kriteria “baik”, (2) ahli bahasa memperoleh nilai 90% masuk kriteria “sangat baik”, dan (3) ahli desain memperoleh nilai 83% masuk kriteria “baik”. Hasil uji pengguna pendidik dan peserta didik mendapatkan nilai 89% dan 86% masuk kriteria “sangat baik”. Hasil uji coba menunjukkan: (1) uji coba kelompok kecil sebelum penggunaan e-book Sejarah Indonesia berbasis discovery learning memperoleh nilai rata-rata sebesar 64,31 dan setelah penggunaan nilainya sebesar 82,05, sehingga terjadi peningkatan kemandirian yakni P < 0.000; df = 12; t = -10.2 dengan selisih perbedaan antara sebelum dan setelah senilai -17.9 dengan gain score sebesar 0,5 yang masuk kriteria “peningkatan sedang”; dan (2) uji coba lapangan sebelum penggunaan e-book Sejarah Indonesia berbasis discovery learning memperoleh nilai rata-rata sebesar 53,49 dan setelah penggunaan nilainya sebesar 82,61, sehingga terjadi peningkatan kemandirian yakni P < 0.000; df = 26; t = -23.6 dengan selisih perbedaan antara sebelum dan setelah senilai -28.9 dengan gain score sebesar 0,6 yang masuk kriteria “peningkatan sedang”. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan diambil kesimpulan: (1) e-book Sejarah Indonesia berbasis discovery learning telah tervalidasi ahli dan layak digunakan sebagai sumber belajar sejarah kelas XI SMA dan (2) e-book Sejarah Indonesia berbasis discovery learning berhasil meningkatkan kemandirian peserta didik. Pendidik diharapkan mampu menciptakan suasana belajar yang kondusif melalui penggunaan e-book Sejarah Indonesia berbasis discovery learning, sehingga mampu mencapai tujuan pembelajaran yang telah diterapkan.en_US
dc.language.isoInden_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectE-BOOKen_US
dc.subjectSEJARAH INDONESIAen_US
dc.subjectPESERTA DIDIKen_US
dc.titlePengembangan E-Book Sejarah Indonesia Berbasis Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemandirian Peserta Didik Menggunakan Model ASSUREen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.prodiPendidikan Sejarah
dc.identifier.kodeprodi0210302


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record