• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGAPRESIASIKAN PUISI MELALUI PENDEKATAN INTEGRATIF PADA SISWA KELAS VI SDN 2 SILIRAGUNG BANYUWANGI TAHUN PELAJARAN 2011/2012

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi_Ainun Sorga Wihati_01.pdf (806.7Kb)
    Date
    2013-09-10
    Author
    Ainun Sorga Wihati
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Apresiasi sastra adalah kegiatan menggauli karya sastra dengan sungguh- sungguh hingga tumbuh pengertian, penghargaan, kepekaan pikiran kritis dan kepekaan yang baik terhadap sastra”. Dari pengertian ini sudah jelas bahwa pembelajaran sastra khususnya puisi untuk membangun kompetensi dalam berapresiasi puisi dalam bentuk tulisan maupun lisan. Hasil orientasi dilapangan kelas VI SDN 2 Siliragung Banyuwangi pada umumnya siswa masih mendengarkan penjelasan guru sambil bergurau sehingga aktivitas pembelajaran tidak berlangsung dengan baik dan ada beberapa siswa yang masih malu dan kurang percaya diri dalam mengapresiasikan puisi khususnya membaca puisi. Berdasarkan uraian di atas, maka diperlukan perbaikan pembelajaran dalam hal mengapresiasikan puisi yaitu dengan menerapkan pendekatan integratif misalkan guru membuat pola denah tempat duduk yang nyaman disaat guru menjelaskan materi supaya selama proses pembelajaran siswa menperhatikan penjelasan guru, perlunya ada sedikit penyegaran dan motivasi agar siswa mau mengikuti kegiatan pembelajaran sampai akhir dengan menyelipkan lagu disaat pembelajaran, guru harus lebih jelas dalam menjelaskan materi pembelajaran Permasalahan di atas dapat dirumuskan sebagai berikut: (1) Bagaimanakah penerapan pendekatan integratif yang dapat meningkatkan kemampuan mengapresiasikan puisi pada siswa kelas VI SDN 2 Siliragung Banyuwangi. (2) Bagaimanakah peningkatan hasil belajar mengapresiasikan puisi setelah diterapkan pendekatan integratif pada siswa kelas VI SDN 2 Siliragung Banyuwangi. Tujuan Penelitiannya yaitu (1) Mendeskripsikan penerapan pendekatan integratif yang dapat meningkatkan kemampuan mengapresiasikan puisi pada siswa kelas VI SDN 2 Siliragung Banyuwangi. (2) Meningkatkan hasil belajar mengapresia sikan puisi setelah diterapkan pendekatan integratif pada siswa kelas VI SDN 2 Siliragung Banyuwangi. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek dalam penelitian adalah siswa kelas VI SDN 2 Siliragung Banyuwangi yang berjumlah 22 siswa. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa kemampuan mengapresiasikan puisi melalui pendekatan integratif pada siswa kelas VI SDN 2 Siliragung Banyuwangi mengalami peningkatan setelah diterapkannya pendekatan integratif yaitu dengan cara guru membentuk suatu kelompok pada siswa, memberikan motivasi dan selingan lagu pada saat pembelajaran berlangsung, sehingga siswa merasa senang mengikuti pembelajaran. Serta adanya suatu model monolog (guru sebagai contoh) dalam proses membaca puisi, sehingga siswa akan prcaya diri dalam membacakan sebuah puisi. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan setelah dilaksanakan tindakan pembelajaran. Hal ini terbuki dari rata-rata nilai hasil belajar mengapresiasikan puisi prasiklus sebesar 60,45 atau ketuntasanya sebesar 31,8%, kemudian nilai rata-rata hasil belajar siswa meningkat sebesar 69,36 pada siklus I atau ketuntasannya sebesar 45,4%, dan rata-rata pada siklus II meningkat sebesar 81,54 dan ketuntasan klasikalnya sebesar 81,8%. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan kepada guru, hendaknya lebih aktif dalam melakukan perbaikan dalam pembelajaran, agar siswa tidak bosan selama pembelajaran sehingga pembelajaran dengan pendekatan integratif hendaknya dapat dijadikan sebagai alternatif pembelajaran dikelas karena dapat meningkatkan kemampuan mengapresiasikan puisi dan hasil belajar siswa dalam mengapresiasikan puisi.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/998
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository