Show simple item record

dc.contributor.advisorWIDJAJANTI, Anita
dc.contributor.advisorHUSNIAH, Furoidatul
dc.contributor.authorLESTARI, Yuan
dc.date.accessioned2020-07-05T13:21:22Z
dc.date.available2020-07-05T13:21:22Z
dc.date.issued2019-12-12
dc.identifier.nimNIM120210402027
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/99561
dc.description.abstractDampak globalisasi yang terjadi saat ini membawa masyarakat Indonesia melupakan pendidikan karakter bangsa. Padahal pendidikan karakter merupakansuatu pondasi bangsa yang sangat penting dan perlu ditanamkan sejak dini. Faktor lain yang menjadikan pendidikan karakter sangat penting untuk dipraktikan yaitu banyaknya kasus yang menimpa bangsa ini. Misalnya kasus penyalahgunaan narkoba, internet, games, perilaku asusila dan lain-lain. Data KPAI (Komisi Perlindungan Anak Indonesia) ( dalam Tempo.co: 2018) menyebutkan tawuran pelajar tahun 2018 lebih tinggi dibanding tahun 2017. KPAI mencatat kasus tawuran di Indonesia meningkat 1,1 persen sepanjang tahun 2018. Pada tahun 2017 angka kasus tawuran hanya 12,9 persen, tapi tahun 2018 menjadi 14 persen. Maraknya kasus tersebut merupakan salah satu dampak dari merosotnya moral bangsa, dan perilaku yang menunjukkan rendahnya karakter. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, banyak orang tua maupun tenaga pendidik yang membiasakan anak maupun peserta didiknya agar gemar membaca, salah satunya adalah membaca cerpen. Cerpen anak banyak memuat nilai-nilai pendidikan yang dapat dijadikan pedoman hidup dan pembelajaran anak sejak dini. Adanya unsur moral dalam karya sastra sering dikaitkan dengan fungsi sastra bagi pembentukan karakter pembaca terutama anak dalam konteks pembelajaran sastra. Karya sastra yang diteliti adalah kumpulan cerpen Si Hati Putih karya Nadia Shafia Rahma. Kumpulan cerpen Si Hati Putih dipilih karena di dalamnya terdapat nilai-nilai pendidikan karakter. Unsur Intrinsik yang terdapat dalam penelitian ini mengacu pada unsur tema dan penokohan. Nilai- nilai pendidikan karaker akan dijadikan teladan pembaca dalam membangun karakter yang baik, karena di dalam nilai pendidikan karakter memuat nilai keimanan dan ketakwaan, nilai kejujuran, nilai kecerdasan, nilai ketangguhan, dan nilai kepedulian, yang dapat menjadikan individu yang lebih baik lagi. Berdasarkan latar belakang, rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: a) Bagaimanakah tema dan penokohan yang terkandung dalam kumpulan cerpen Si Hati Putih karya Nadia Shafia Rahma?; b) Bagaimanakah nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam kumpulan cerpen Si Hati Putih karya Nadia Shafia Rahma? Jenis penelitian ini kualitatif desktiptif dan rancangan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan pragmatik. Data yang dianalisis dalam penelitian ini berupa kutipan-kutipan yang berisi tentang unsur intrinsik (tema dan penokohan) dan nilainilai pendidikan karakter meliputi; nilai keimanan dan ketakwaan, nilai kejujuran, nilai kecerdasan, nilai ketangguhan, dan nilai kepedulian. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan dua teknik, yaitu teknik pengamatan dan teknik dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini terdiri dari tiga jenis kegiatan yang harus dilakukan, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dan pembahasan dalam penelitian ini antara lain: Dalam kumpulan cerpen Si Hati Putih ditemukan beragam tema yaitu: a. ketabahan hati seorang anak dalam menjalani cobaan yang menimpa hidupnya sehingga mendapatkan hasil yang manis. b. Seorang anak yang rajin dalam belajar dan melaksanakan ibadah sehingga mendapatkan hadiah c. kepedulian tokoh cerita terhadap hidup orang lain. Dalam kumpulan cerpen Si Hati Putih karya Nadia Shafia Rahma ini mengangkat cerita bagaimana mencintai dan menyayangi antar sesama, dengan berperilaku memafkan kesalahan orang lain, membantu sesama, peduli terhadap orang lain, menghormati, menyayangi orang tua, dan persahabatan. Di dalam cerita para tokoh memiliki kepedulian dalam hidup bersosial. Tokoh yang terdapat dalam kumpulan cerpen Si Hati Putih memiliki karakter yang baik dan peduli akan hidup bersosial. Nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam kumpulan cerpen Si Hati Putih karya Nadia Shafia Rahma yaitu Dua teks cerita pendek (Hadiah Tak Terduga dan Si Hati Putih) mengemukakan nilai-nilai pendidikan karakter keimanan dan ketakwaan. Satu teks cerita pendek (Hantu yang Lapar) mengemukakan nilai-nilai pendidikan karakter kejujuran. Dua teks cerita pendek (Lima Sahabat untuk Bunda, Sahabat dan Negeri Kurcaci) mengemukakan nilai-nilai pendidikan karakter kecerdasan. Dua teks cerita pendeken_US
dc.language.isoInden_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectUnsur Cerpenen_US
dc.subjectNilai Pendidikan Karakteren_US
dc.subjectInstrinsik Cerpenen_US
dc.subjectEkstrinsik Cerpenen_US
dc.titleNilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Kumpulan Cerpen Si Hati Putih karya Nadia Shafia Rahmaen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.prodiPendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
dc.identifier.kodeprodi0210402


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record