Show simple item record

dc.contributor.advisorLESMONO, Albertus Djoko
dc.contributor.advisorNURAINI, Lailatul
dc.contributor.authorRINDA, Izza Puspa
dc.date.accessioned2020-06-23T14:21:35Z
dc.date.available2020-06-23T14:21:35Z
dc.date.issued2020-02-04
dc.identifier.nimNIM150210102054
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/99312
dc.description.abstractIndonesia memerlukan pelajar yang memiliki kemampuan berpikir kritis , kreatif, dan berjiwa ilmiah dalam bidang tertentu. Meningkatkan keterampilan berpikir kritis siwa sangat perlu karena berpengaruh terhadap kemampuannya memecahkan masalah dan mencari jalan keluar untuk menyelesaikannya. Pembelajaran fisika di SMA dan MA dimaksudkan sebagai sarana peserta didik dalam menguasai pengetahuan, konsep, dan prinsip fisika, memiliki kecakapan ilmiah, dan keterampilan berpikir kritis. Salah satu upaya yang dapat upaya yang dapat dilakukan dalam melatihkan keterampilan berpikir kritis terhadap siswa yaitu dengan menggunakan model pembelajaran guided inquiry karena merupakan pembelajaran yang terpusat pada siswa. Implementasi model pembelajaran guided inquiry dapat dikembangkan dengan cara memadukan dengan media pembelajaran yang menarik yang sesuai dengan perkembangan tekhnologi masa kini guna menunjang minat belajar siswa agar meningkat salah satunya dengan virtual laboratory karena berpusat pada siswa. Maka dari itu, untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis perlu adanya model pembelajaran yang cocok dan sesuai. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis dan minat belajar siswa melalui model pembelajaran guided inquiry berbantuan virtual laboratory. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskripsi. Tempat penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling area. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 4 Jember dengan subyek penelitian adalah kelas X MIPA 2. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi observasi, tes, dan wawancara. Pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan pembelajaran dengan model pembelajaran guided inquiry berbantuan virtual laboratory dan memberikan tes kepada siswa. Data yang telah didapat dinilai sesuai kriteria penskoran yang telah ditetapkan. Untuk menentukan tingkat kemampuan berpikir kritis siswa menggunakan persentase kemampuan berpikir kritis kemudian nilai persentase tersebut dikategorikan berdasarkan kategori yang ada. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai rata-rata tingkat keterampilan berpikir kritis siswa secara berurutan dari tertinggi ke terendah yaitu indikator basic support memiliki nilai paling tinggi sebesar 80,48 dengan kategori sangat baik, indikator strategy and tactics sebesar 74,76 dengan ketegori baik. Indikator inference sebesar 73,33 dengan kategori baik. Indikator advance clarification sebesar 72,86 dengan kategori baik. Nilai paling rendah yaitu pada indikator elementary clarification sebesar 71,43 dengan kategori baik. Sehingga rata-rata nilai keseluruhan siswa pada ke lima indikator sebesar 74,57 dengan kategori baik. Sedangkan hasil analisis nilai rata-rata minat belajar siswa tiap indikator secara berurutan dari tertinggi ke terendah yaitu indikator ketertarikan belajar sebesar 90 dengan kategori sangat tinggi, indikator perhatian sebesar 83,33 dengan kategori tinggi, indikator motivasi sebesar 73,33 dengan kategori tinggi, dan nilai terendah yaitu indikator pengetahuan sebesar 66,67 dengan kategori cukup. Sehingga rata-rata nilai keseluruhan siswa pada ke empat indikator sebesar 78,33 dengan kategori minat belajar siswa tinggi. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh, maka didapatkan kesimpulan dalam penelitian ini adalah: 1) keterampilan berpikir kritis siswa SMAN 4 Jember setelah penerapan model pembelajaran guided inquiry berbantuan virtual laboratorium adalah baik. 2) minat belajar siswa SMAN 4 Jember setelah diberikan penerapan model guided inquiry berbantuan virtual laboratory adalah dalam kategori tinggi.en_US
dc.language.isoInden_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectModel Guided Inquiryen_US
dc.subjectVirtual Laboratoryen_US
dc.subjectModel Pembelajaran Fisikaen_US
dc.subjectKeterampilan Berpikir Kritisen_US
dc.titleKeterampilan Berpikir Kritis dan Minat Belajar Siswa dalam Penerapan Model Pembelajaran Guided Inquiry Berbantuan Virtual Laboratory di SMAN 4 Jemberen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.prodiPendidikan Fisika
dc.identifier.kodeprodi0210102


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record