dc.description.abstract | Manajemen kelas model sentra merupakan usaha dan upaya yang dilakukan
oleh guru dalam mengelola kelas sentra dengan tujuan untuk menciptakan
lingkungan sentra yang kondusif serta mempertahankan situasi dan kondisi sentra
yang kondusif dari awal kegiatan sampai akhir kegiatan pembelajaran sentra.
Manajemen kelas model sentra yang dapat dilakukan oleh guru yakni dengan
mengatur atau menata ruang sentra yang terdiri atas penataan alat dan bahan,
pemilihan alat dan bahan serta cara merawat alat dan bahan, pengaturan anak serta
menciptakan iklim kelas yang efektif dan efisien dalam mengelola sentra. Penataan
dan pengaturan disesuaikan dengan masing-masing jenis sentra, selain itu cara guru
dalam mengelola sentra juga mempengaruhi keberhasilan dari adanya manajemen
sentra itu sendiri, guru sebagai fasilitator di dalam kelas memiliki cara-cara dan
keputusan yang berbeda-beda dalam menangani serta mengatur kelas sentranya.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah implementasi
manajemen kelas model sentra kelompok B di TK ABA 1 Kaliwates Kabupaten
Jember Tahun Pelajaran 2019/2020?. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian
ini adalah mengetahui implementasi manajemen kelas model sentra kelompok B
di TK ABA 1 Kaliwates Kabupaten Jember tahun pelajaran 2019/2020.
Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian
adalah guru kelompok B masing-masing sentra di TK ABA 1 Kaliwates yang
terdiri atas guru sentra seni dan kreativitas, sentra persiapan, sentra balok serta
sentra sains dan bahan alam yang berjumlah 4 responden. Metode pengumpulan
data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik
analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, diketahui bahwa
manajemen kelas model sentra yang dilakukan oleh masing-masing guru kelas
sentra di TK ABA 1 Kaliwates Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2019/2020
sudah dilaksanakan secara baik. Kemampuan guru dan pemahaman guru tentang
manajemen sentra mempengaruhi keberhasilan guru dalam mengatur serta menata
ruang kelas sentra agar menjadi kondusif dan mampu untuk menciptakan
lingkungan belajar dan bermain yang menyenangkan bagi anak usia dini, jenis
sentra kelompok B di TK ABA 1 Kaliwates ini terdiri atas sentra seni dan
kreativitas, sentra persiapan, sentra balok serta sentra sains dan bahan alam,
manajemen kelas masing-masing sentra memiliki karakteristik yang berbeda
antara sentra satu dengan yang lainnya, karakteristik yang dapat dilihat di sini
adalah terkait dengan pengaturan dan penataan ruang kelas sentra, serta cara dari
setiap guru yang berbeda dalam mengatur anak dan menciptakan iklim kelas
sentra untuk mencapai tujuan manajemen sentra yakni menciptakan suasana
kondusif dan mempertahankannya hingga akhir pembelajaran.
Hasil dari analisis data dapat disimpulkan bahwa manajemen kelas model
sentra di TK ABA 1 Kaliwates Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2019/2020
terlaksana dengan baik. Saran yang dapat diberikan kepada guru adalah guru
hendaknya lebih mengembangkan dan menyalurkan ide atau kemampuannya dalam
mengelola sentra untuk menciptakan lingkungan belajar yang nyaman bagi anak, guru lebih meningkatkan pemahaman mengenai manajemen sentra agar kegiatan
dalam sentra lebih variatif, serta guru hendaknya dapat meningkatkan kemampuan
dan pemahaman terkait dengan pengadaan alat dan bahan, pengaturan anak serta
kemampuan menciptakan iklim kelas yang mendukung sehingga kualitas
pendidikan dalam sentra akan meningkat. | en_US |