dc.description.abstract | Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh penerapan dimensi Banking Service Quality (BSQ) terhadap
kepuasan nasabah bank syariah di Kabupaten Jember. Dimensi BSQ yang diteliti meliputi keefektifitan dan jaminan,
akses, harga, keterwujudan, portofolio jasa dan keandalan. Rancangan penelitian menggunakan confirmatory research
dengan menggunakan data primer dan sekunder. Populasi penelitian adalah nasabah bank syariah milik pemerintah
cabang Jember (BNI Syariah, BRI Syariah, Mandiri Syariah, dan Bank Jatim Syariah) yang mencakup nasabah penabung
dan peminjam dana. Teknik sampling menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel 120 nasabah yang
dialokasikan secara disproporsional ke masing-masing bank. Dalam studi ini digunakan analisis jalur dengan bantuan
program software Amos. Hasil penelitian menunjukkan bahwa empat dimensi BSQ (keefektifian dan jaminan, akses,
harga serta keterwujudan) berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan nasabah. Sedangkan dua dimensi lainnya,
yaitu dimensi portofolio jasa dan keandalan tidak berpengaruh terhadap kepuasan nasabah. | en_US |