Analisis Kualitas Pelayanan Online Menggunakan Metode E-Service
Abstract
Teknologi Informasi yang semakin berkembang menyebabkan hampir seluruh
aktifitas manusia didukung atau memanfaatkan aplikasi dan otomatisasi teknologi
informasi. Termasuk juga travel agent. Saat ini mulai banyak berkembang online travel
agent di Indonesia. Salah satunya adalah Traveloka. Dimana Traveloka menyediakan
layanan pemesanan tiket perjalanan seperti pesawat dan kereta api serta pemesanan
hotel secara online. Pelayanan yang diberikan dirasa sudah sesuai dengan apa yang
diinginkan, namun masih ada keluhan terhadap pelayanan Traveloka.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna
Traveloka dan mencari prioritas perbaikan dari layanan Traveloka. Penelitian ini
menggunakan metode E-Service Quality dan Importance Performance Analysis. E-Service Quality berguna untuk menentukan variabel apa saja yang berhubungan
dengan kualitas layanan media elektronik. Sedangkan Importance Performance
Analysis berguna untuk menentukan prioritas perbaikan dari layanan berdasarkan
variabel E-Service Quality.
Sampel penelitian berjumlah 385 responden yang merupakan pengguna
Traveloka. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan aplikasi IBM SPSS
Statistics 22. Berdasarkan hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa pengguna merasa
sangat puas terhadap pelayanan dari Traveloka. Namun layanan masih belum sesuai
dengan apa yang diharapkan pengguna. Kerena masih ada selisih antara harapan
pengguna dengan kenyataan layanan yang diberikan Traveloka.