dc.description.abstract | Pengembangan atas produk yang ada dapat dilakukan oleh perusahaan dengan
menciptakan produk yang sudah ada. Pengembangan produk dilakukan agar produk
yang dihasilkan dapat memenuhi selera konsumen yang selalu berubah-ubah.
Pengembangan produk bisa berupa model, ukuran, warna, kemasan maupun kualitas
yang lebih disempurnakan. Selain itu pengembangan produk juga bertujuan untuk
mengantisipasi kejenuhan akan suatu produk tertentu, sehingga dengan adanya
beberapa perubahan maka pelanggan akan tetap memilih produk yang dihasilkan
daripada produk yang dihasilkan oleh pesaing. Banyaknya pabrik rokok yang
bermunculan di Kabupaten Bondowoso menimbulkan persaingan antara satu pabrik
rokok dengan pabrik rokok yang lain, Pabrik Rokok Gagak Hitam adalah satu-
satunya pabrik rokok di Bondowoso yang mempunyai lima macam produk yang
dihasilkan, Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses pengembangan
produk pada pabrik Rokok Gagak Hitam Bondowoso. Penelitian ini menggunakan
analisis domain dan taksonomi. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa
Pengembangan produk yang dilakukan oleh Pabrik Rokok Gagak Hitam Bondowoso
bertujuan untuk mengatasi persaingan yang ketat diantara produsen rokok yang ada,
dengan adanya pengembangan produk diharapkan dapat mengatasi kejenuhan
konsumen atas produk yang telah ada. Proses pengembangan produk yang dilakukan
oleh Pabrik Rokok Gagak Hitam adalah melalui penggalian gagasan dimana ide
yang didapat berasal dari konsumen dan pihak Pabrik Rokok Gagak Hitam sendiri,
dilanjutkan dengan penyaringan gagasan dimana dalam proses ini ide-ide yang
didapat disaring sesuai dengan dengan keadaan pesaing, ketersediaan bahan baku, dan kondisi keuangan dari Pabrik Rokok Gagak Hitam Bondowoso, selanjutnya yaitu
pengembangan dan pengujian konsep dimana dalam hal ini pihak Pabrik Rokok
Gagak Hitam mebuat tester yang diperuntukkan bagi konsumen, dilanjutkan dengan
analisis bisnis dalam proses ini kegiatan yang dilakukan oleh Pabrik Rokok Gagak
Hitam adalah dengan melihat keadaan pesaing, selanjutnya pengembangan produk
dimana dalam kegiatan ini mulai melakukan pengembangan produk dan yang terakhir
adalah tahap komersialisasi dimana dalam tahapan ini produk sudah dijual ke pasar.
Selain kebijakan dari perusahaan, Kondisi internal dan eksternal perusahaan juga
turut andil dalam kegiatan pengembangan produk. Proses pengembangan produk
yang dilakukan melibatkan semua bidang dalam perusahaan. Pengembangan produk
yang dilakukan oleh pabrik Rokok Gagak Hitam Bondowoso, akan terus
berkembang karena dengan adanya masukan yang berasal dari sumber informasi
internal dan sumber informasi eksternal perusahaan. | en_US |