Show simple item record

dc.contributor.authorYeni Anggraeni
dc.date.accessioned2013-12-18T04:14:05Z
dc.date.available2013-12-18T04:14:05Z
dc.date.issued2013-12-18
dc.identifier.nimNIM090210204013
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9883
dc.description.abstractBanyak faktor yang menjadi penyebab rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa khususnya pada pelajaran PKn, salah satunya adalah pendekatan atau metode pembelajaran yang diterapkan oleh guru. Berdasarkan hasil observasi di SDN Kejapanan IV, diketahui pendekatan pembelajaran masih berpusat pada guru. Guru hanya menggunakan metode ceramah, tanya jawab, dan penugasan dalam pembelajaran. Selain itu, guru tidak menggunakan media apa-apa dalam pembelajaran PKn. Hal inilah yang menyebabkan kurangnya pemahaman siswa terhadap konsep materi PKn yang diajarkan. Dalam pembelajaran dengan menerapkan pendekatan pembelajaran akti f, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VB SDN Kejapanan IV tahun pelajaran 2012/2013 pada pelajaran PKn pokok bahasan keputusan bersama dengan menggunakan pendekatan pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan ix menggunakan pendekatan pembelajaran aktif, inovatif, efektif, dan menyenangkan Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kejapanan IV Kabupaten Pasuruan dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas VI yang berjumlah 32 siswa yang terdiri atas 17 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Persentase aktivitas siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 70.89% dengan kriteria aktif dan siklus II sebesar 86.13% dengan kriteria sangat aktif. Peningkatan aktivitas dari siklus I ke siklus II sebesar 15.24%, sedangkan untuk hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Persentase hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 62.5% meningkat sebesar 84.37% pada siklus II. Peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 21.87%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan pendekatan pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkanen_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210204013;
dc.subjectPENDEKATAN PEMBELAJARAN AKTIF, INOVATIF KREATIF, EFEKTIF, dan MENYENANGKAN (en_US
dc.titlePENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN AKTIF, INOVATIF KREATIF, EFEKTIF, dan MENYENANGKAN ( MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VB MATA PELAJARAN PKn POKOK BAHASAN KEPUTUSAN BERSAMA DI SDN KEJAPANAN IV TAHUN PELAJARAN 2012/2013en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record