Show simple item record

dc.contributor.advisorKAMDI
dc.contributor.advisorMUTIAH, Arju
dc.contributor.authorFITRIYANTO
dc.date.accessioned2020-05-08T02:53:08Z
dc.date.available2020-05-08T02:53:08Z
dc.date.issued1999-04
dc.identifier.nimNIM9302108195
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/98836
dc.description.abstractTujuan dari iklan radio adalah untuk mendorong, membujuk khalayak ramai agar tetrtarik oleh barang atau jasa yang ditawarkan. oleh karena itu penggunaan bahasa harus dibuat sedemikian rupa agar pesan yang dikandungnya dapat diterima oleh pendengar, bahasa ynag digunakan dalam iklan radio yang bersifat persuasif menarik untuk dikaji. untuk memperoleh gambaran yang lebih mendalam terutama tuturan yang terdapat pada iklan berbahasa indonesia diradio, selanjutnya dikaji bentuk dan maksud tuturan representatif, komisif, direktif, ekspresif, dan deklaratif serta bagaimanakah komposisi wacana dijinjau dari segi jenis tuturan yang terdapat pada iklan berbahasa indonesia diradio. penelitian ini diharapkan dapat melengkapi sebagai bahan ajar pada sekolah, bagi mahasiswa program pendidikan bahasa dan sastra indonesia, hasil penelitian ini dapat menjadi bahan diskusi mata kuliah pragmatik dan analisis wacana serta dapat dijadikan bahan kajian lebih lanjut untuk dikembangkan lebih luas. penelitian ini dilakukan mulai tanggal 10 maret 1998 sampai dengan 16 april 1999. usaha untuk menemukan jawaban masalah diawali dengan menkaji teori yang ada, pengambilan data dilakukan dengan cara menyimak penyiar iklan radio, kemudian ditranskripsikan ke dalam bentuk wacana tulisan, selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data secara deskriptif kualitatif. hasil analisis dengan menunjukkan bahwa didalam wacna iklan radio berbahasa indonesia terdapat lima jenis tuturan yaitu tuturan paling banyak, dan tuturan deklaratif terdapat tiga bentuk, tuturan ekspresif terdapat lima bentuk, dan tuturan deklaratif terdapat satu bentuk. kelima jenis tuturan paling banyak digunakan berturut-turut yaitu tuturan representatif, direktif, ekspresif, deklaratif, dan komisif. penelitian ini hendaknya dapat dijadikan bahan ajar oleh guru nahasa indonesia yang menyangkut penggunaan bahasa indonesia yang komunikatif, pembuat iklan hendaknya menggunakan bahasa indonesia yang baik agar tujuan yang diinginkan sesuai dengan sasaran, dan penelitian ini diharapkan dapat dikembangkan lebih lanjut dan lebih luas.en_US
dc.language.isoInden_US
dc.publisherFAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKANen_US
dc.subjectPragmatiken_US
dc.subjectTuturan Iklanen_US
dc.subjectMedia Massaen_US
dc.titlePenggunaan Bahasa Pada Iklan Radio: Suatu Analisis Tuturan Pada Iklan Berbahasa Indonesia di Radio Frekuensi Modulasi Suara Akbar Kabupaten Jember Periode April-Mei 1998en_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.prodiPendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
dc.identifier.kodeprodi021081


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record