Show simple item record

dc.contributor.advisorWahyuni, Sri
dc.contributor.advisorSukidin
dc.contributor.authorPutri, Rissa Mareta Mega
dc.date.accessioned2020-05-08T01:08:39Z
dc.date.available2020-05-08T01:08:39Z
dc.date.issued2019-11-01
dc.identifier.nim130210301028
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/98827
dc.description.abstractDi era pemberdayaan sekolah seperti saat ini, banyak sekolah baik tingkat dasar maupun tingkat menengah yang tengah berpacu dan berlomba-lomba untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan melakukan serangkaian pembenahan-pembenahan administratif. Menindaklanjuti kondisi tersebut, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan mengembangkan Program Sekolah Unggulan yang menyediakan program layanan khusus bagi peserta didik dengan cara mengembangkan bakat dan potensi yang dimilikinya. Salah satu sekolah swasta yang menerapkan program kelas unggulan yaitu di SMP PGRI Cluring Kecamatan Cluring Kabupaten Banyuwangi. Diharapkan dengan adanya program kelas unggulan ini, tujuan visi dari sekolah dapat tercapai dan selaras dengan misi sekolah. Sekolah sangat menghargai peserta didik yang memiliki potensi di atas rata-rata, agar terus mempertahankan bahkan meningkatkan prestasi belajarnya maka pihak sekolah mempunyai program unggulan yaitu dengan mengklasifikasikan para siswa berpotensi akademik bagus yang dijadikan satu kelas. Kelas unggulan pada SMP PGRI Cluring Kecamatan Cluring Kabupaten Banyuwangi diterapkan pada kelas VIII di kelas A. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan bagaimana implementasi program pembelajaran pada kelas unggulan di SMP PGRI Cluring Kabupaten Banyuwangi Tahun Ajaran 2019/2020. Metode penelitia dalam hal ini menggunakan metode Purposive Area yakni di SMP PGRI Cluring Kabupaten Banyuwangi. Penelitian ini dilakukan dengan maksud untuk mengetahui implementasi program pembelajaran pada kelas unggulan di SMP PGRI Cluring Kabupaten Banyuwangi Tahun Ajaran 2019/2020. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan metode wawancara, metode dokumen, dan metode observasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari Informan inti dan informan penelitian Jumlah informan inti dalam penelitian ini adalah 3 orang terdiri dari 1 orang yang menyusun program pembelajaran pada kelas unggulan, 2 orang guru mata pelajaran pada kelas unggulan di SMP PGRI Cluring, informan tambahan 1 siswa yang memiliki prestasi belajar paling tinggi, 1 siswa yang memiliki prestasi belajar sedang, dan 1 siswa yang memiliki prestasi belajar rendah. Penelitian ini dalam menentukan subjek penelitian yakni dengan metode Purposive, Subjek penelitian ini adalah pihak pelaksana program pembelajaran pada kelas unggulan di SMP PGRI Cluring Kabupaten Banyuwangi. Hasil penelitian menunjukan Implementasi program kelas unggulan di SMP PGRI Cluring Kabupaten Banyuwangi meliputi beberapa tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi kegiatan. Sebelum Program kelas unggulan di SMP PGRI Cluring Kabupaten Banyuwangi dilaksanakan pihak sekolah mempersiapkan syarat pelaksanaan, metode pembelajaran, dan teknik bimbingan belajar yang sesuai dengan peserta didik. Pelaksanaan kegiatan meliputi: strategi dan metode pembelajaran yang diterapkan, lingkungan belajar, pengelolaan kegiatan pembelajaran. Berkaitan dengan kelas unggulan pada SMP PGRI Cluring Kabupaten Cluring lingkungan belajar dirancang sedemikan rupa dengan tujuan memaksimalkan proses pembelajaran agar berjalan dengan kondusif. Kegiatan pembelajaran pada kelas unggulan pada SMP PGRI Cluring Kabupaten Cluring. Dimana siswa dalam 1 kelas hanya terdiri dari 20 – 30 siswa, sehingga kegiatan pembelajaran dapat berjalan secara kondusif. Berdasarkan hasil penelitian evaluasi kegiatan program kelas unggulan di SMP PGRI Cluring Kabupaten Banyuwangi dilakukan dengan melihat perkembangan peserta didik. Perkembangan peserta didik dapat dilihat dari penilaian UH, UTS, dan UAS.en_US
dc.language.isoInden_US
dc.publisherFakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Jemberen_US
dc.subjectProgram Pembelajaranen_US
dc.subjectKelas Unggulanen_US
dc.titleImplementasi Program Pembelajaran Pada Kelas Unggulan DI Smp Pgri Cluring Kabupaten Banyuwangi Tahun Ajaran 2019/2020en_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.prodiPendidikan Ekonomi
dc.identifier.kodeprodi0210301


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record