dc.contributor.author | TRIHARTONO, Agus | |
dc.date.accessioned | 2020-05-06T16:38:59Z | |
dc.date.available | 2020-05-06T16:38:59Z | |
dc.date.issued | 2020-04-01 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/98818 | |
dc.description | Disampaikan dalam Pengabdian Masyarakat
Bidang program: Pendidikan dan Pelayanan pada Masyarakat
PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA KLUNGKUNG KECAMATAN
SUKORAMBI MELALUI PENANAMAN KOPI RAKYAT. | en_US |
dc.description.abstract | Kopi adalah komoditas penting bagi Indonesia. Lebih-lebih bagi sektor
industri perkebunan. Kebutuhan untuk konsumsi kopi baik di tingkat nasional dan
internasional relatif terus meningkat. Industri dan petani kopi memilki peluang
yang besar untuk meningkatkan kualitas maupun kuantitas kopi dalam rangka
memenuhi kebutuhan kopi baik lokal maupun internasional.
Memahami bagaimana masyarakat memiliki penilaian mengenai kopi
tampaknya tidak kalah pentingnya untuk diketahui oleh para petani kopi. Para
petani mungkin dapat menggunakan data survei sebagai salah satu bahan
pertimbangan dalam membangun pertanian kopi di Indonesia, termasuk di Jatim,
serta untuk dapat memasok variasi kopi sesuai dengan perubahan persepsi pasar
yang tersedia.
Kemajuan teknologi pangan juga merubah industri kopi lokal Indonesia.
Setidaknya telah ada berbagai kopi kemasan (sachets) yang beredar di Indonesia.
Ini adalah kejelian para pebisnis dan industri yang mengetahui celah atau ceruk
penikmat kopi Indonesia.
Fenomena menjamurnya bisnis warung kopi atau café bahkan coffeeshop
yang mulai mengemuka, memang masih belum sejalan dengan fakta bahwa
masyarakat masih lebih nyaman menikmati kopi di rumah. | en_US |
dc.language.iso | Ind | en_US |
dc.publisher | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - UNEJ | en_US |
dc.subject | Masyarakat Jatim | en_US |
dc.subject | Kopi | en_US |
dc.title | Bagaimana Masyarakat Jatim Memaknai Kopi? | en_US |
dc.type | Book | en_US |
dc.identifier.prodi | NIDN0015086905 | |
dc.identifier.kodeprodi | KODEPRODI0910101#Hubungan Internasional | |