Show simple item record

dc.contributor.authorROSA EMADATIL VIDA
dc.date.accessioned2013-12-18T03:52:07Z
dc.date.available2013-12-18T03:52:07Z
dc.date.issued2013-12-18
dc.identifier.nimNIM050210301132
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9835
dc.description.abstractProses belajar mengajar akan berhasil dengan baik jika terjadi komunikasi yang efisien dan efektif antara siswa dan guru. Guru harus mampu mewujudkan suasana yang menyenangkan agar siswa aktif dan kreatif, karena guru merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan proses belajar mengajar. Siswa ikut berperan juga dalam menentukan keberhasilanya dalam pembelajaran, terdapat dua faktor yaitu eksrenal dan internal. Faktor eksternal meliputi kondisi sosial ekonomi, lingkungan keluarga, fasilitas belajar baik dirumah atau disekolah, bimbingan orang tua dan lain-lain. Sedangkan faktor internal terdiri meliputi kesehatan fisik yang dimiliki masing-masing siswa, bakat, konsentrasi dan lain-lain. Kedua faktor tersebut mempengaruhi hasil belajar siswa. Faktor internal merupakan faktor yang berada pada diri siswa sendiri, seperti sikap mandiri dalam belajar, kemandirian berasal dari kata mandiri yaitu kemampuan diri sendiri untuk menyelesaikan sebuah permasalahan secara bebas dan inisiatif, dapat diartikan bahwa siswa yang memiliki sikap mandiri dalam belajar akan bertanggung jawab dan cenderung tidak bergantung pada temannya. Begitu pula faktor eksternal yang dapat mempengaruhi belajar adalah sumber belajar, sumber belajar merupakan bahan-bahan yang dapat dimanfaatkan dalam proses belajar yang bisa diperoleh melalui orang, barang maupun data yang bisa memberi kemudahan dalam belajar. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dari pemanfaatan sumber belajar disekolah dan kemandirian belajar yang dimiliki oleh siswa terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS MAN I Jember tahun ajaran 2010/2011. Serta manakah faktor yang berpengaruh paling dominan terhadap hasil belajar siswa. Metode penentuan responden dalam penelitian ini menggunakan proporsional random sampling sebanyak 51 siswa, metode pengumpulan data menggunakan metode angket, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan sumber belajar dan kemandirian belajar siswa berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS MAN I Jember tahun ajaran 2010/2011. hal ini ditunjukkan dari hasil perhitungan Fhitung > Ftabel (58,225>4,043) dengan =0,05 > Sig F = 0,000. Besarnya proporsi sumbangan variabel pemanfaatan sumber belajar (X1) 47,29%, variabel kemandirian belajar siswa (X2) 23,96 %. Dengan demikian proporsi sumbangan terbesar variabel bebas terhadap variabel terikat diberikan oleh variabel pemanfaatan sumber belajar (X1) sebesar 47,29%.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries050210301132;
dc.subjectKemandirian Belajaren_US
dc.titlePENGARUH PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Studi Kasus Pada Siswa Kelas XI IPS MAN I Jember Tahun Ajaran 2010/2011)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record