Show simple item record

dc.contributor.advisorIndrianti, Deditiani Tri
dc.contributor.advisorHilmi, M. Irfan
dc.contributor.authorFAULINA, Ririn
dc.date.accessioned2020-04-20T02:01:21Z
dc.date.available2020-04-20T02:01:21Z
dc.date.issued2019
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/98265
dc.description.abstractPada pembelajaran keaksaraan fungsional, media belajar merupakan salah satu komponen penting yang harus diperhatikan. Media belajar dapat digunakan sebagai penyampai pesan atau informasi yang efektif kepada warga belajar. Penggunaan media belajar yang tepat dapat membantu keberhasilan program keaksaraan fungsional. Selain itu, warga belajar program keaksaraan fungsional sebagai orang dewasa tentu membutuhkan sebuah media atau suatu pembelajaran yang menarik. Jika warga belajar tertarik maka warga belajar akan memiliki motivasi yang lebih tinggi dalam mengikuti proses belajar belajar. Mengetahui akan hal tersebut maka seyogianya perlu dilakukan inovasi terhadap media belajar program keaksaraan fungsional, sehingga tutor tidak melulu memberikan pengajaran yang hanya menggunakan metode ceramah atau hanya memberikan pembelajaran yang terpaku pada buku modul keaksaraan fungsional. PKBM Al-Muttaqin merupakan salah satu penyelenggara program keaksaraan fungsional di Kabupaten Jember yang berinovasi dalam pembelajaran dengan cara membuat media belajar kartu pintar. Kartu pintar dibuat oleh tutor untuk memudahkan warga belajar dalam menerima dan memahami materi. Dengan penggunaan kartu pintar diketahui bahwa tingkat kelulusan warga belajarnya ialah 80-90% di setiap tahun pembelajaran keaksaraan fungsional. Berdasarkan hal tersebut melatarbelakangi peneliti tertarik untuk mengkajinya. Kajian pada penelitian ini terdiri atas satu rumusan masalah, yakni adakah hubungan pemanfaatan kartu pintar dengan program keaksaraan fungsional di PKBM AlMuttaqin Kecamatan Patrang Kabupaten Jember. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui hubungan pemanfaatan kartu pintar dengan program keaksaran fungsional di PKBM Al-Muttaqin Kecamatan Patrang Kabupaten Jember. Manfaat penelitian ini dapat digunakan sebagai penambah wawasan serta literatur bagi yang memiliki kepentingan terkait program keaksaran fungsional. Dalam penelitian ini jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Analisis data yang digunakan ialah korelasi product moment. Lokasi penentuan tempat yaitu menggunakan metode purposive area. Subyek penelitian yang diambil ialah teknik cluster sampling pada Tahun Penyelenggaraan 2012/2013, 2013/2014, dan 2014/2015 dengan jumlah 31 responden. Waktu yang digunakan dalam melakukan penelitian ini ialah 4 Bulan. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara penyebaran angket dan dokumentasi. Angket penelitian terdiri dari 19 pernyataan yang telah dilakukan proses editing, coding, dan scoring. Setelah keseluruhan item terisi langkah selanjutnya yaitu data dianalisis menggunakan rumus korelasi product moment dan diolah menggunakan aplikasi SPSS versi 22. Adapun hasil perhitungan menunjukkan bahwa rhitung sebesar 0,697. Jika dikonsultasikan dengan harga rtabel sebesar 0,367 pada taraf kepercayaan 95% menunjukkan bahwa rhitung > rtabel = 0,697 > 0,367. Hasil tersebut diperoleh dari hasil pengolahan data menggunakan rumus korelasi product moment yang diolah menggunakan aplikasi SPPS versi 22. Berdasarkan data tersebut maka Ha yang berbunyi ada hubungan antara pemanfaatan kartu pintar dengan program keaksaraan fungsional di PKBM Al-Muttaqin Kecamatan Patrang Kabupaten Jember diterima, sedangan Ho yang berbunyi tidak ada hubungan antara pemanfaatan kartu pintar dengan program keaksaraan fungsional di PKBM AlMuttaqin Kecamatan Patrang Kabupaten Jember ditolak. Dengan demikian, berdasarkan hasil analisis di atas maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara pemanfaatan kartu pintar dengan program keaksaraan fungsional di PKBM Al-Muttaqin Kecamatan Patrang Kabupaten Jember. Hubungan tersebut memiliki tingkat yang kuat. Saran dari penelitian ini yaitu agar tutor terus berinovasi dalam pengggunaan media belajar. Bagi peneliti selanjutnya yaitu hendaknya melakukan penelitian terkait program keaksaraan fungsional dengan lebih variatif, seperti media belajar selain kartu pintar, atau melakukan penelitian selain pada media belajar.en_US
dc.language.isoInden_US
dc.publisherPENDIDIKAN LUAR SEKOLAH, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS JEMBERen_US
dc.subjectPKBM Al-Muttaqin Kecamatan Patrang Kabupaten Jemberen_US
dc.subjectProgram Keaksaraanen_US
dc.subjectKartu Pintaren_US
dc.titleHubungan Pemanfaatan Kartu Pintar Dengan Program Keaksaraan Fungsional DI PKBM Al-Muttaqin Kecamatan Patrang Kabupaten Jemberen_US
dc.identifier.prodiPENDIDIKAN LUAR SEKOLAH


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record