Show simple item record

dc.contributor.authorWiwik Handayani
dc.date.accessioned2013-12-18T03:44:46Z
dc.date.available2013-12-18T03:44:46Z
dc.date.issued2013-12-18
dc.identifier.nimNIM080210204267
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9819
dc.description.abstractDari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan aktivitas belajar siswa kelas VI (Enam) SD Negeri Sukosari 02 mengalami peningkatan setelah mengikuti pembelajaran IPA menggunakan pendekatan keterampilan proses secara klasikal untuk tiap-tiap pertemuan mengalami peningkatan. Rata-rata pada siklus I, aktifitas mencapai 76,99% dan pada siklus II aktifitas siswa mencapai 84,42%. Ketuntasan hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan terlihat pada siklus I adalah 68,18% dengan 7 siswa belum tuntas dan pada siklus II adalah 81,81% dengan 4 siswa belum tuntas. Dengan demikian dapat disimpulkan pembelajaran dikatakan tuntas dan meningkat pada setiap pertemuan. Selain kesimpulan yang dapat ditarik dari hasil penelitian ini, penulis memberikan saran bagi siswa, hendaknya dijadikan semangat belajar karena dengan pendekatan keterampilan proses siswa dapat menemukan hal yang baru baik di kelas maupun di luar kelas. Bagi guru, berdasarkan hasil penelitian pembelajaran menggunakan pendekatan keterampilan proses dalam pembelajaran IPA siswa kelas VI SD Negeri Sukosari 02 Kunir Lumajang, sebagai upaya dalam peningkatan aktifitas dan hasil belajar IPA siswa, juga dapat diterapkan dalam bidang studi yang lain dan diharapkan dapat meningkatkan mutu pendidikan SD Negeri Sukosari 02 Kunir Lumajang. Bagi peneliti lain, diharapkan dapat mengembangkan penelitian ini untuk menemukan sesuatu yang baru dan mengarah pada kebaikan hingga pada akhirnya benar-benar dapat bermanfaat bagi kemajuan siswa dan dunia pendidikan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204267;
dc.subjectAktivitas dan Hasil Belajar Siswa, Keterampilan Proses, Perubahan Bendaen_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES POKOK BAHASAN FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB PERUBAHAN BENDA PADA SISWA KELAS VI SDN SUKOSARI 02 KECAMATAN KUNIR KABUPATEN LUMAJANG TAHUN PELAJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record