Show simple item record

dc.contributor.authorSudarsri Lestari
dc.date.accessioned2013-12-18T03:44:39Z
dc.date.available2013-12-18T03:44:39Z
dc.date.issued2013-12-18
dc.identifier.nimNIM090210204102
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9818
dc.description.abstractKemampuanmenulisparagraf deskripsi ekspositori merupakan kapasitas kesanggupan untuk melukiskan situasi atau keadaan melalui tulisan sehingga pembaca seolah-olah melihat, mendengar, dan merasakan sendiri objek yang dilukiskan.Dalam KTSP, siswa dituntut untuk mampu menulis paragraf deskripsi dengan memperhatikan ejaan (huruf besar, tanda titik, dan tanda koma). Namun berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan guru kelas IVA dan IVB SDN 1 Cluring menyatakan bahwasiswa kurang mampu dalam mengembangkan karangan sesuai dengan ciri karangan deskripsi, penggunaan ejaan dan tanda baca, serta menentukan pilihan kata yang tepat. Hal ini disebabkan oleh proses pembelajaran yang hanya berlangsung satu arah dan berpusat pada guru, sehingga siswa merasa bosan tidak mampu mengungkapkan ide secara total dalam menulis. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal tersebut adalah menggunakan media pembelajaran atau alat peraga. Pemilihan media pembelajaran yang tepat serta cara penyampaian materi yang tepat sangat mempengaruhi prestasi dan hasil belajar siswa. Media nyata sering dipakai dalam proses pembelajaran karena dapat menanamkan konsep yang bersifat abstrak menjadi konkrit.Selain itu media nyata juga dapat membantu proses belajar anak menjadi lebih aktif pada saat mengamati, menangani, dan memanipulasi. Berdasarkan uraian di atas, dapat dibuat rumusan masalah yakni adakah perbedaan yang signifikan antara kemampuan menulis paragraf deskripsi ekspositori siswa kelas IVA dan IVB SDN 1 Cluring melalui media nyata dengan melalui media gambar. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan perbedaan antara viii kemampuan menulis paragraf deskripsi ekspositori siswa kelas IVA dan IVB SDN 1 Cluring melaui media nyata dengan melalui media gambar. Media gambar merupakan media yang sering digunakan oleh guru dalam pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, tempat penelitian ditentukan dengan purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 1 Cluring Banyuwangi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IVA dan IVB SDN 1 Cluring tahun pelajaran 2012/2013 yang terdiri dari 36 siswa kelas IVA dan 35 siswa kelas IVB. Rancangan penelitian menggunakan desain randomized post test only control group. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Analisis data menggunakan uji t. Sebelum menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol, dilakukan uji perbedaan mean untuk mengetahui kesamaan kemampuan siswa kelas IVA dan IVB. Hasil analisis uji perbedaan mean diperoleh nilai t ix hitung = 0,94, sedangkan t = 1,997 . Berdasarkan hasil tersebut maka t hitung < t tabel (H a ditolak, H diterima)berarti tingkat kemampuan awal siswa sebelum dilakukan penelitian dinyatakan sama (homogen). Langkah selanjutnya adalah menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol, dan hasilnya didapatkan kelas IVA sebagai kelas eksperimen yang menerima pembelajaran dengan media nyata dan kelas IVB sebagai kelas kontrol yang menerima pembelajaran dengan media gambar. 0 Perbedaan hasil menulis paragraf deskripsi ekspositori menggunakan media nyatadengan media gambar dapat diketahui berdasarkan hasil uji t.Hasil analisis data menggunakan uji tdiperoleh nilai t hitung = 18,79, sedangkan t =1,998 . Berdasarkan hasil tersebut maka t hitung > t tabel (H a diterima, H 0 tabel ditolak) berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan menulis paragraf deskripsi ekspositori siswa kelas IV SDN 1 Cluring melalui media nyata dengan melalui media gambar. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah ada perbedaan yang signifikan antara kemampuan menulis paragraf deskripsi ekspositori siswa kelas IV SDN 1 Cluring melalui media nyata dengan melalui media gambar.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210204102;
dc.subjectMENULIS PARAGRAF DESKRIPSI EKSPOSITORI ,MELALUI MEDIA NYATA DAN MEDIA GAMBARen_US
dc.titleKEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI EKSPOSITORI SISWA KELAS IVA DAN IVB SDN 1 CLURING BANYUWANGI MELALUI MEDIA NYATA DAN MEDIA GAMBAR TAHUN PELAJARAN 2012/2013en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record