Show simple item record

dc.contributor.authorShinta Dewi Rukmana
dc.date.accessioned2013-12-18T03:40:54Z
dc.date.available2013-12-18T03:40:54Z
dc.date.issued2013-12-18
dc.identifier.nimNIM090210204027
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9811
dc.description.abstractKeterampilan menulis puisi merupakan suatu kegiatan menuangkan ide kepada orang lain dalam bentuk karya sastra berupa puisi. Keterampilan menulis puisi dijabarkan dalam kompetensi dasar “menulis puisi bebas dengan pilihan kata yang tepat”. Kegiatan menulis puisi sudah sering dilakukan, tetapi siswa masih sulit menemukan ide dan mengembangkan ide tersebut menjadi sebuah puisi. Hambatan lain yang dialami dalam pembelajaran menulis puisi adalah kurangnya semangat siswa dalam menulis puisi akibat metode pembelajaran yang digunakan guru masih kurang menarik. Penerapan pembelajaran kooperatif teknik make a match cocok digunakan untuk menarik minat siswa karena pembelajaran ini layaknya permainan mencari pasangan yang menuntut siswa untuk berkeliling mencari pasangannya. Selain itu, penggunaan media objek langsung dimana siswa diperbolehkan untuk keluar kelas membuat siswa mendapatkan suasana baru yang dapat membantu siswa meningkatkan daya imajinasi mereka dalam menulis puisi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: xi dalam keterampilan menulis puisi siswa kelas V SDN Kaliwining 01 Rambipuji melalui media objek langsung, dan Penelitian ini dilakukan di SDN Kaliwining 01 Rambipuji, diikuti oleh siswa kelas V yang terdiri atas 44 siswa. Rancangan dalam penelitian ini adalah rancangan penelitian tindakan kelas dimana alur penelitiannya terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes. Penerapan pembelajaran kooperatif teknik make a match dengan media objek langsung dalam pembelajaran menulis puisi dilakukan dalam dua siklus yang masingmasing terdiri atas dua kali pertemuan. Kegiatan yang dilakukan pada pertemuan pertama adalah penerapan pembelajaran kooperatif teknik make a match dengan media objek langsung. Kegiatan yang dilakukan pada pertemuan kedua adalah tes menulis puisi siswa secara mandiri. Hasil belajar menulis puisi siswa setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif teknik make a match dengan media objek langsung mengalami peningkatan secara berturut-turut dari pra siklus, siklus I, dan siklus II. Pada tahap pra siklus, jumlah siswa yang mengalami ketuntasan belajar sebanyak 9 siswa dengan persentase ketuntasan belajar 20,5%. Pada siklus I, persentase ketuntasan belajar meningkat menjadi 45,4% tetapi belum mencapai ketuntasan klasikal. Hal ini dikarenakan puisi karya siswa kurang memenuhi kriteria penilaian menulis puisi, sehingga pada siklus II guru memberikan penjelasan lebih rinci disertai contoh dan persentase ketuntasan belajar pun meningkat menjadi 81,8%. Dari hasil penelitian ini, dapat dikemukakan beberapa saran yaitu:en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210204027;
dc.subjectKETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK MAKE A MATCH DENGAN MEDIA OBJEK LANGSUNGen_US
dc.titlePENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK MAKE A MATCH DENGAN MEDIA OBJEK LANGSUNG SISWA KELAS V SDN KALIWINING 01 RAMBIPUJI TAHUN PELAJARAN 2012-2013en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record