Show simple item record

dc.contributor.authorSayati
dc.date.accessioned2013-12-18T03:33:55Z
dc.date.available2013-12-18T03:33:55Z
dc.date.issued2013-12-18
dc.identifier.nimNIM090210204199
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9799
dc.description.abstractPenelitian ini dilaksanakan di SDN Karang Kedawung 03 Kecamatan Mumbulsari tahun pelajaran 2011/2012 dengan jumlah siswa sebanyak 36 siswa.Hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas IV dalam membaca pemahaman masih rendah. Minat baca siswa masih rendah dan masih digunakannya metode konvensional oleh guru dalam pembelajaran. Hal ini mengakibatkan kurangnya kemampuan dan kemandirian siswa dalam belajar khususnya dalam membaca. Untuk mengatasi masalah tersebut maka diperlukan adanya model pembelajaran yang yang sesuai dan tepat agar dapat menghasilkan hasil belajar yang optimal. Model pembelajaran yang digunakan disini adalah model pembelajaran resiprokal. Model pembelajaran resiprokal bersifat memahami materi dengan cara mandiri, khususnya dalam pembelajaran membaca. Dalam pembelajaran resiprokal siswa harus aktif membaca dan memahami materi yang diberikan oleh guru dengan beberapa langkah, yaitu membaca materi, mengajukan pertanyaan, membuat rangkuman dan memprediksi berbagai jenis pertanyaan dari guru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah penerapan model pembelajaran resiprokal dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SDN Karang Kedawung 03 Mumbulsari ?, (2) Bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran membaca pemahaman setelah digunakan model pembelajaran resiprokal siswa kelas IV SDN Karang Kedawung 03 Mumbulsari ?. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Meningkatkan kemampuan membaca pemahaman dengan menggunakan model pembelajaran resiprokal siswa kelas IV SDN Karang Kedawung 03 Mumbulsari, (2) Meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran membaca pemahaman dengan model pembelajaran resiprokal siswa kelas IV SDN Karang Kedawung 03. PenelitianinitermasukPenelitianTindakanKelas(PTK) denganmenerapkan model pembelajaranresiprokal yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam membaca pemahaman pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Penelitian dilaksanakan dengan melakukan perencanaan, pengamatan, tindakan dan merefleksi tindakan. Perencanaan tindakan pada siklus-siklus berikutnya dilaksanakan berdasarkan refleksi dan tindakan pada siklus I. Pelaksanaan siklus II dilaksanakan berdasarkan tindakan pada siklus I. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Perkembangan siswa dalam membaca pemahaman dapat dilihat pada siklus I. Hal ini dikarenakan guru sudah menggunakan model pembelajaran resiprokal dalam kegiatan pembelajaran. Dalam pembelajaran siswa sudah terlihat aktif. Namun, dari hasil tes siklus I siswa belum mencapai ketuntasan belajar secara klasikal. Hal ini dikarenakan guru lebih mendominasi aktifitas pembelajaran, dan dalam kegiatan pembelajaran guru masih kurang menguasai kelas. Untuk mengatasi masalah tersebut, guru harus mempelajari kembali model pembelajaran resiprokal, dimana guru hanya bertindak sebagai fasilitator yaitu sebagai pemberi semangat dan dukungan. Sehingga siswa dapat mengembangkan kemampuan dan keterampilannya dalam belajar. Kekurangan pada siklus I diperbaiki pada siklus II. Pada siklus II terdapat beberapa siswa yang masih belum bias membuat rangkuman dengan baik dan benar. Masalah ini ditindak lanjuti dengan memberikan penjelasan kembali kepada siswa dengan lebih rinci tentang cara membuat rangkuman, dengan member petunjuk pada siswa bahwa untuk membuat rangkuman siswa harus membaca cerita dengan teliti, isi rangkuman terdapat di awal kalimat dalam paragraf, menggunakan huruf besar setelah tanda titik dan di awal kalimat. Saran-saran yang diberikan adalah: (1) bagi guru, diharapkan menggunakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan dan semangat belajar siswa. Salah satunya adalah pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran resiprokal. Dalam pembelajaran guru bias lebih aktif dalam memberikan bimbingan kepada siswa dalam belajar dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk berinteraksi dalam pembelajaran baik dengan teman maupun dengan guru dalam pembelajaran yang berlangsung di dalamkelas, (2) bagisiswa, diharapkan lebih aktif dalam kegiatan belajar membaca sehingga dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman, (3) bagi sekolah, diharapkan dapat memberikan fasilitas pendukung sehingga dapat mempermudah kegiatan belajar mengajar, utamanya buku panduan mengajar bagi guru, (4) bagi penelitilain, diharapkan dapat mengembangkan penelitian yang berkaitan dengan inovasi-inovasi pembelajaran serta peningkatan pembelajaran melalui penggunaan model pembelajaran resiprokal.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210204199;
dc.subjectMODEL PEMBELAJARAN RESIPROKAL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMANen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RESIPROKAL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SDN KARANG KEDAWUNG 03 MUMBULSARI TAHUN PELAJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record