Show simple item record

dc.contributor.authorSari Riski Wati
dc.date.accessioned2013-12-18T03:25:52Z
dc.date.available2013-12-18T03:25:52Z
dc.date.issued2013-12-18
dc.identifier.nimNIM090210204097
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9787
dc.description.abstractBanyak faktor yang menjadi penyebab rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran IPA, salah satunya adalah metode pembelajaran yang diterapkan oleh guru. Berdasarkan hasil observasi di SDN Sumbersari 1, diketahui bahwa dalam kegiatan pembelajaran, guru masih menggunakan metode ceramah kepada siswa. Hal ini menyebakan kurangnya pemahaman siswa terhadap konsep materi IPA yang diajarkan. Dalam pembelajaran dengan menerapkan metode resitasi, siswa dapat lebih aktif karena pemberian tugas akan memperbesar frekuensi pengulangan materi atau dengan memperbanyak latihan dapat merangsang siswa untuk memperdalam pemahaman serta pengertian tentang materi pelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN Sumbersari 1 Kabupaten Jember dalam mata pelajaran IPA pada pokok bahasan susunan bumi melalui penerapan metode resitasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN Sumbersari 1 Kabupaten Jember dalam mata pelajaran IPA pada pokok bahasan susunan bumi melalui penerapan metode resitasi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sumbersari 1 Jember dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas V yang berjumlah 40 siswa yang terdiri atas 23 siswa perempuan dan 17 siswa laki-laki. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas ix siklus, masing-masing siklus sebanyak dua pertemuan dengan menerapkan metode resitasi dalam pembelejaran IPA. Pada siklus I kegiatan awal dilakukan dengan menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran x media penunjang pengerjaan tugas setelah menjelaskan petunjuk terlebih dahulu. Guru juga memberikan pengarahan lebih lanjut agar tidak ada perbedaan dalam pemilihan anggota kelompok sehingga interaksi siswa lebih baik daripada siklus sebelumnya. Guru juga membimbing dan mengarahkan siswa dalam menyederhanakan kalimat sebagai bentuk pertanggungjawaban dari tugas. Kegiatan akhir, siswa termotivasi ketika pelaksanaan presentasi, hal ini ditunjukkan banyaknya siswa yang mengajukan diri untuk melaporkan tugasnya didepan kelas. Guru membimbing siswa untuk menarik kesimpulan terhadap materi yang diajarkan dan memberikan pertanyaan kepada siswa untuk mengetahui sejauh mana pemahaman terhadap materi. Pengorganisasian waktu sudah baik namun guru kurang merata dalam memberikan pertanyaan, hal ini tidak boleh dibiarkan karena menimbulkan kebiasaan buruk pada siswa yang pasif. Pelaksanaan penerapan metode resitasi dalam pembelajaran IPA pokok bahasan susunan bumi pada siswa kelas V SDN Sumbersari 1 Jember berjalan sesuai dengan rencana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa selama pembelajaran IPA dengan menggunakan metode resitasi mengalami peningkatan. Persentase aktivitas siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 65,53% dengan kategori aktif pada siklus II sebesar 80,6% dengan kategori sangat aktif. Peningkatan aktivitas siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 15,07%, sedangkan untuk hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dalam setiap pertemuannya. Persentase hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 55% meningkat sebesar 85% pada siklus II. Peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 30%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode resitasi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas V pokok bahasan susunan bumi di SDN Sumbersari 1 Jember. Saran dari penelitian ini bagi guru adalah diharapkan mampu menerapkan metode resitasi dalam pembelajaran IPA sebagai upaya dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210204097;
dc.subjectBAHASAN SUSUNAN BUMI PADA MATA PELAJARAN IPA MELALUI METODE RESITASIen_US
dc.titlePENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA POKOK BAHASAN SUSUNAN BUMI PADA MATA PELAJARAN IPA MELALUI METODE RESITASI BAGI SISWA KELAS V SDN SUMBERSARI 1 KABUPATEN JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record