dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar belajar
melalui pembelajaran kooperatif snowball throwing dengan media asli mata pelajaran
IPA siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Ampel 02 Kecamatan Wuluhan Kabupaten
ix
Jember Tahun Pelajaran 2010/2011. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV dengan
jumlah siswa 25 anak, terdiri dari 15 laki-laki dan 10 perempuan, Pengambilan data
dalam penelitian ini dilaksanakan di SDN Ampel 02 Kecamatan Wuluhan, dimulai
pada tanggal 11 Januari 2011 sampai tanggal 22 Januari 2011. Desain penelitian yang
digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data telah
dilakukan dengan metode observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Data yang
telah terkumpul di analisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif,
data yang di analisis adalah aktivitas belajar siswa dan ketuntasan hasil belajar siswa
dalam pembelajaran.
Kesimpulan dari penelitian ini diperoleh hasil analisis aktivitas belajar siswa
selama pembelajaran IPA menggunakan pembelajaran kooperatif snowball throwing
dengan media asli pada pembelajaran siklus 1 diperoleh 55,33% dan pembelajaran
siklus 2 memperoleh 76,67%, sehingga mengalami peningkatan sebanyak 21,34%.
Kemudian analisis hasil belajar IPA juga mengalami peningkatan yaitu pada
pembelajaran siklus I sebesar 72%, ke siklus 2 sebesar 84% mengalami peningkatan
sebesar 12%. Pemerolehan hasil akhir dalam penelitian ini dinyatakan telah sesuai
dengan yang diharapkan oleh peneliti terbukti dengan hasil analisis aktivitas belajar
siswa selama pembelajaran IPA menggunakan pembelajaran kooperatif snowball
throwing dengan media asli pada siklus 2 mencapai 76,67% yang termasuk kriteria
aktif, sedangkan pada analisis hasil belajar siklus 2 mencapai 84% yang termasuk
kriteria baik. | en_US |