dc.description.abstract | Metode pembelajaran Praktik Berpasangan (Practice Rehearsal Pairs)
dapat mengaktifkan siswa, yang biasanya digunakan dalam proses pembelajaran
membaca karena siswa akan menggunakan pengetahuan dan imajinasinya sendiri.
Pada model ini, guru memperhatikan latar belakang pengetahuan siswa dan
membantu siswa mengaktifkan pengetahuan agar bahan pelajaran menjadi lebih
bermakna. Siswa dirangsang untuk di kembangkan kemampuan berfikir dan
berimajinasi dengan bercerita. Kemampuan bercerita siswa dapat dihubungkan
dengan kemampuan menulis. Ide/gagasan siswa akan dihargai sehingga siswa
merasa makin termotivasi untuk belajar. Selain itu, siswa bekerja dengan sesama
siswa dalam suasana gotong royong dan mempunyai banyak kesempatan untuk
mengolah informasi dan peningkatkan kemampuan berkomunikasi. Metode
pembelajaran Praktik Berpasangan dapat digunakan pada pembelajaran membaca,
menulis, dan berbicara. Rumusan masalah dan tujuan dari penelitian ini adalah
untuk mengentahui dan menganalisis penerapan metode Praktik Berpasangan untuk
meningkatkan kemampuan bercerita imajinatif pada siswa kelas VII SMP Negeri 1
Muncar, serta peningkatan kemampuan bercerita imajinatif siswa kelas VII SMP
Negeri 1 Muncar setelah diterapkannya metode Practice Rehearsal Pairs.
Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini
adalah siswa kelas VII D SMP Negeri 1 Muncar. Penelitian ini dilakukan di SMP
Negeri 1 Muncar, dan dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2018/2019.
Prosedur penelitian tindakan kelas dilakukan dengan di terapkan metode praktik
berpasangan (Practice Rehearsal Pairs). Teknik pengumpulan data yang
digunakan berupa observasi, catatan lapangan, wawancara, dan tes lisan. Teknik
analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data
kualitatif dan kuantitatif. Instrument penelitian yang digunakan ada dua, yakni
instrument pengumpulan data dan instrument pemandu analisis. | en_US |