Show simple item record

dc.contributor.advisorSubchan, Wachju
dc.contributor.advisorHariyadi, Slamet
dc.contributor.authorSafitri, Andiani
dc.date.accessioned2020-03-31T14:29:41Z
dc.date.available2020-03-31T14:29:41Z
dc.date.issued2019-07-19
dc.identifier.nim140210103043
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/97530
dc.description.abstractKabupaten Jember merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur yang dapat dikategorikan sebagai kota pendidikan, hal ini dikarenakan terdapat banyak sekolah baik negeri maupun swasta. Pendidikan di Kabupaten Jember untuk tingkatan Sekolah Menengah Atas hingga saat ini sudah cukup baik, hal ini dapat dilihat dari data Dinas Pendidikan Kabupaten Jember (2017) yang menyatakan bahwa Jember merupakan kabupaten yang memiliki sarana dan prasarana yang baik serta telah terbukti banyak mendapatkan penghargaan di tingkat nasional maupun internasional. Kabupaten Jember pada saat ini telah menggunakan kurikulum 2013, pemberlakuan kurikulum ini ditandai dengan pemberlakuan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) tentang Struktur Kurikulum 2013, Standar Kompetensi Lulusan (SKL), Standar Penilaian dan Implementasi Kurikulum 2013. Untuk mencapai tujuan kurikulum 2013 pada saat ini, Permendikbud No. 81A tahun 2013 mengatur bahwa proses pembelajaran pada kurikulum 2013 hendaknya terdiri atas lima pengalaman belajar yaitu mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan, yang disingkat dengan 5 M. Kelima pengalaman belajar tersebut hendaknya dilakukan oleh siswa secara mandiri dengan memanfaatkan kemajuan teknologi komunikasi saat ini. Pada penelitian sebelumnya tentang penerapan e-learning dengan media schoology dilaksanakan di SMA Negeri 4 Jember diketahui bahwa penggunaan internet di dalam hal ini e-learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa sebesar 75%-83,33%. Pendidikan merupakan suatu kebutuhan bagi semua orang karena pendidikan merupakan upaya untuk meningkatkan pengetahuan dan potensi yang terdapat dalam diri manusia. Pengembangan dalam dunia pendidikan tidak lepas dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Perkembangan media teknologi informasi menjadi salah satu landasan pokok dalam perkembangan pembelajaran abad 21. Penelitian ini merupakan penelitian dasar yang akan digunakan untuk memberikan informasi melalui aktivitas pembelajaran terbimbing siswa oleh guru dan mandiri mengakses materi secara online. Tujuan umum dilakukannya pengkajian aktivitas pembelajaran terbimbing siswa oleh guru dan mandirien_US
dc.language.isoInden_US
dc.publisherProgram Studi Pendidikan Biologi; Jurusan Pendidikan MIPA; Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jemberen_US
dc.subjectAktivitas Pembelajaranen_US
dc.subjectMateri secara Onlineen_US
dc.subjectHasil Belajar Biologien_US
dc.subjectGuruen_US
dc.subjectMandiri Siswaen_US
dc.titleHubungan Aktivitas Pembelajaran Terbimbing oleh Guru dan Mandiri Siswa dalam Mengakses Materi secara Online dengan Hasil Belajar Biologi (Kelas X SMA Negeri di Kabupaten Jember)en_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record