dc.description.abstract | Menulis merupakan kegiatan produktif dan ekspresif dengan cara
mengungkapkan gagasan yang ada dalam pikiran kedalam bentuk tulisan. Tujuan
menulis di sekolah dasar agar siswa memiliki kemampuan berkomunikasi secara
efektif dan efisiensesuai dengan etika yang berlaku, baik lisan maupun tertulis.
Harapan menulis di sekolah untuk meningkatkan kemampuan intelektual, serta
kematangan emosional dan sosial.
Berdasarkan temuan dan permasalahan di MTs Al – Qodiri 1 Jember Tahun
Pelajaran 2017 -2018 dalam proses pembelajaran matematika siswa mengalami
permasalahan saat memahami mata pelajaran matematika yang diberikan oleh guru. Oleh karena itu, salah satu cara pemecahan masalah di atas melalui model
pembelajaran self regulated learning dalam proses belajar mengajar sehingga
menciptakan suasana yang nyaman saat proses pengajaran.
Rumusan masalah penelitian ini yaitu bagaimanakah pengaruh model
pembelajaran self regulated learning terhadap hasil belajar matematika sub pokok
bahasan keliling dan luas lingkaran siswa kelas VIII MTs AL-QODIRI 1 Jember ?, Tujuan penelitian yang ingin dicapai adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh
hasil belajar menggunakan model pembelajaran self regulated learning sub pokok
bahasan keliling dan luas lingkaran pada siswa kelas VIII tahun pelajaran 2017/2018
di MTs AL-QODIRI 1 Jember.
Penelitian ini merupakan eksperimen semu. Di samping itu, dilatar belakangi
pemahaman siswa terhadap permasalahan matematika masih kurang sehingga perlu di
upayakan suatu tindakan guna memecahkan permasalahan tersebut. Penelitian ini
dilaksanakan di MTs Al Qodiri 1 Jember dengan jumlah siswa kelas A sebanyak 27
anak dan kelas B sebanyak 27 anak. Metode pengumpulan data yang digunakan
dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil
Observasi kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru kelas VIII Wawancara
yang dilakukan pada guru kelas VIII dan dua orang siswa. Hasil penelitian yang telah
dilakukan menunjukkan pengaruh hasil belajar menggunakan model pembelajaran
self regulated learning sub pokok bahasan menghitung keliling dan luas lingkaran
pada siswa kelas VIII tahun pelajaran 2017/2018 di MTs AL-QODIRI 1 Jember.. Hal
ini ditunjukkan dari perbandingan hasil perhitungan rata-rata hasil belajar matematika
siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran Self Regulated
Learning (SRL) adalah 14,82 lebih besar dari rata-rata hasil belajar matematika siswa
yang mengikuti pembelajaran model konvensional. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa ada pengaruh hasil belajar
menggunakan model pembelajaran self regulated learning sub pokok bahasan keliling
dan luas lingkaran pada siswa kelas VIII tahun pelajaran 2017/2018 di MTs AL- QODIRI 1 Jember. Saran yang dapat diberikan adalah (1)guru mampu menggunakan
model pembelajaran self regulated learning , (2)siswa lebih aktif dalam kegiatan
model pembelajran self regulated leaning , (3) sekolah memberikan kesempatan bagi
guru kelas lain di MTs Al Qodiri 1 Jember menggunakan model self regulated
leaning dalam proses pembelajaran menulis puisi karena telah terbukti dapat
meningkatkan ketuntasan hasil belajar siswa dan (4) bagi peneliti selanjutnya dapat
mengembangkan penelitian ini untuk menemukan hasil baru dan mengarah pada
kesempurnaan pembelajaran. | en_US |