Show simple item record

dc.contributor.authorAINUN SAFITRI FARLIYASARI
dc.date.accessioned2013-12-18T02:59:37Z
dc.date.available2013-12-18T02:59:37Z
dc.date.issued2013-12-18
dc.identifier.nimNIM050210301243
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9731
dc.description.abstractDalam meningkatkan hasil belajar siswa diperlukan kerja sama dari berbagai pihak. Pendidikan Informal merupakan salah satu faktor eksternal yang dapat mempengaruhi hasil belajar seorang siswa. Pendidikan Informal tersebut terdiri dari pendidikan melalui keluarga, teman, masyarakat sekitar siswa, media cetak maupun media elektronik. Keluarga merupakan peletak dasar bagi pola tingkah laku siswa serta perkembangan pribadi anak-anak. Selain melalui keluarga, siswa berinteraksi dengan teman sekolahnya untuk dapat berdiskusi mengenai masalah kewirausahaan. Begitu pula dengan masyarakat, siswa dapat memanfaatkan kondisi lingkungannya dalam memahami tentang kewirausahaan. Adanya interaksi dan juga komunikasi secara terus menerus akan meningkatkan hasil belajar siswa. Selain itu melalui media cetak maupun elektronik siswa dapat memperoleh pendidikan yang tak terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dari variabel pendidikan informal secara simultan terhadap hasil belajar siswa kelas XI Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan SMK Negeri Pasirian Kabupaten Lumajang pada mata pelajaran Kewirausahaan tahun ajaran 2010/2011. Jenis penelitian ini adalah korelational expost facto atau korelasional, Penentuan lokasi penelitian ditentukan dengan menggunakan metode purposive area. Metode penentuan responden menggunakan metode purposive sampling sejumlah 72 siswa yaitu seluruh siswa kelas XI Teknik Komputer dan Jaringan SMK Negeri Pasirian Kabupaten Lumajang, sedangkan metode pengumpulan data menggunakan metode angket,wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Analisis yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis inferensial, yng terdiri dari analisis regresi linear sederhana, analisis varian garis regresi, efektivitas garis regresi, uji F dan standar error of estimate. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan informal mempunyai pengaruh secara simultan terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan Fhitung (194,341)>F tabel (3,13) dengan tingkat α = 0,05> Sig F = 0,000 yang berarti bahwa variabel pendidikan informal dan secara simultan mempengaruhi hasil belajar siswa sebesar 73,5 %. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa variabel bebas (pendidikan informal) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel terikat (hasil belajar) siswa kelas XI Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan SMK Negeri Pasirian Kabupaten Lumajang Tahun Ajaran 2010/2011.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries050210301243;
dc.subjectPendidikan Informalen_US
dc.titlePENGARUH PENDIDIKAN INFORMAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (Studi Kasus pada Siswa Kelas XI Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan SMK Negeri Pasirian Kabupaten Lumajang Mata Pelajaran Kewirausahaan Tahun Ajaran 2010/2011)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record