Show simple item record

dc.contributor.authorZakarya, Yunus Nur
dc.contributor.authorDewi, Erti Ikhtiarini
dc.contributor.authorSusanto, Tantut
dc.date.accessioned2020-03-03T08:19:09Z
dc.date.available2020-03-03T08:19:09Z
dc.date.issued2016-09-01
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/97306
dc.description.abstractAnak dengan tunagrahita adalah anak yang mengalami gangguan pada tingkat kecerdasannya Permasalahan anak tunagrahita adalah ketidakmampuan melakukan cuci tangan. Upaya untuk meningkatkan kemampuan cuci tangan anak tunagrahita dengan memberikan pelatihan cuci tangan metode puzzle. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pelatihan cuci tangan bersih dengan metode puzzle terhadap kemampuan melakukan cuci tangan anak tunagrahita. Desain penelitian pre eksperimental, pre test and post test group design. Tempat penelitian di SDLB-C TPA Kabupaten Jember. Sampel penelitian berjumlah 25 anak tunagrahita. Analisis data menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank Test. Hasil menunjukkan ada pengaruh pelatihan cuci tangan bersih dengan metode puzzle terhadap kemampuan melakukan cuci tangan anak tunagrahita (p value < 0,05). Peneliti menyarankan kepada sekolah untuk menyediakan fasilitas mencuci tangan seperti wastafel darurat, tisu, dan sabun.en_US
dc.language.isoInden_US
dc.publishere-Jurnal Pustaka Kesehatan, vol.4 (no.3), September, 2016en_US
dc.subjectCuci Tanganen_US
dc.subjectTunagrahitaen_US
dc.subjectPuzzleen_US
dc.titlePengaruh Pelatihan Cuci Tangan Bersih dengan Metode Bermain Puzzle terhadap Kemampuan Melakukan Cuci Tangan Anak Tunagrahita di SDLB-C TPA Kabupaten Jember (The Effect of Hands Washing Training with Puzzle Method to Ability to Wash Hands of Children with Mental Retardation at SDLB-C TPA in Jember)en_US
dc.typeArticleen_US
dc.identifier.prodiKODEPRODI2310101#Ilmu Keperawatan
dc.identifier.nidnNIDN0028108104
dc.identifier.nidnNIDN0005018003


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record