Show simple item record

dc.contributor.authorSELLI OKTAVIANA
dc.date.accessioned2013-12-18T02:57:43Z
dc.date.available2013-12-18T02:57:43Z
dc.date.issued2013-12-18
dc.identifier.nimNIM090210204164
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9727
dc.description.abstractPenelitian dilaksanakan di kelas I SDN 3 Sempu, subjek penelitian siswa dan guru kelas I tahun pelajaran 2010/ 2011 dengan jumlah 20 siswa yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus pada 23 Mei 2011 dan 27 Mei 2011. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi, tes, dan catatan lapangan. Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah kegiatan membaca lacar siswa serta aktivitas siswa dan guru dalam kegiatan pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, ditemukan beberapa kegiatan dalam penerapan media kartu huruf bergambar pada pembelajaran membaca. Penerapannya yaitu siswa sudah mampu mengenali huruf-huruf alfabet, siswa sudah bisa membedakan huruf-huruf yang dianggap sama dengan mengamati dan memahami media kartu huruf bergambar. Hasil observasi siklus I data yang diperoleh adalah: a) persentase kemampuan membaca siswa mencapai 68 %. Kurangnya persentase kemampuan membaca lancar siswa, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media kartu huruf bergambar belum dapat dikatakan berhasil untuk meningkatkan kemampuan membaca lancar siswa. Dengan adanya perbaikan pada siklus II, kartu huruf bergambar bisa dikatakan berhasil untuk meningkatkan kemampuan membaca lancar siswa. Data yang diperoleh dari observasi siklus II adalah: a) persentase kemampuan membaca siswa mencapai 82 %. Jumlah siswa kelas I sebanyak 20 siswa, dengan 2 siswa yang mendapatkan nilai membaca lancar di bawah SKM dan 18 siswa lainya mendapat nilai di atas SKM. Simpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah penggunaan media kartu huruf bergambar tepat untuk meningkatkan kemampuan membaca lancar serta nilai kemampuan membaca siswa khususnya membaca lancar sudah meningkat. Disarankan kepada guru kelas I, agar dapat menggunakan media kartu huruf bergambar dalam pembelajaran membaca lancar.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210204164;
dc.subjectKemampuan Membaca Lancar, Media Kartu Huruf Bergambaren_US
dc.titleMENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA LANCAR DENGAN MEDIA KARTU HURUF BERGAMBAR PADA SISWA KELAS I SDN 3 SEMPUen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record