dc.description.abstract | Penelitian Ini Menggunakan Rancangan Penelitian Tindakan Kelas, Yang Dilaksanakan Melalui Dua Siklus. Setiap Siklus Terdiri Atas Empat Tahap: (1) Tahap Perencanaan, (2) Tahap Pelaksanaan, (3) Tahap Observasi, Dan (4) Tahap Refleksi. Untuk Memperoleh Data, Dilakukan Tes Uraian Membuat Kalimat Efektif Dengan Ciri Gramatikal, Kalimat Logis, Kalimat Hemat, Kalimat Tidak Goyah, Dan Variasi Kalimat.
Hasil Penelitian Secara Klasikal Yang Berhasil Dihimpun Melalui Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Kalimat Efektif Pada Prasiklus, Dari 46 Siswa, Hanya Mampu Tercapai 61% Tuntas Belajar Secara Klasikal. Setelah Diadakan Tindakan Pada Siklus 1, Yaitu Dengan Latihan Terbimbing, Dapat Meningkat Menjadi Tuntas Belajar Secara Klasikal 71%. Karena Hasil Yang Dicapai Belum Dapat Memenuhi Kriteria Ketuntasan Belajar Secara Klasikal, Maka Guru Melanjutkan Dengan Tindakan Pada Siklus II. Ternyata Diperoleh Ketuntasan Belajar Secara Klasikal 89%. Demikian Pula Aktivitas Siswa Pun Dapat Ditingkatkan. Dari 60,54% Pada Prasiklus, Menjadi 64,34% Pada Siklus 1 Serta Lebih Meningkat Menjadi 70,46% Pada Siklus II.
Bagi Siswa Dan Guru, Hendaknya Dengan Latihan Terbimbing Keterampilan Menulis Kalimat Efektif Dapat Ditingkatkan Melalui Interaksi Antarsiswa, Sekaligus Siswa Dengan Guru Selama Proses Pembelajaran Diharapkan Pula, Latihan Terbimbing Dapat Mempermudah Siswa Untuk Menulis Simpulan Penjelasan Guru Sehingga Hasil Pembelajaran Bahasa Indonesia Dapat Ditingkatkan. Tentu Saja, Diharapkan Pula Peningkatan Pemahaman Dalam Penggunaan Bahasa Indonesia Baku. | en_US |