Show simple item record

dc.contributor.authorAhmad Rofik
dc.date.accessioned2013-12-18T02:56:42Z
dc.date.available2013-12-18T02:56:42Z
dc.date.issued2013-12-18
dc.identifier.nimNIM060210391003
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9724
dc.description.abstractPembelajaran merupakan suatu kegiatan yang menggunakan beberapa seni dan strategi tertentu untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan. Dimana di dalamnya memerlukan beberapa metode dan tekhnik yang tepat untuk mendukung suatu pembelajaran yang efektif dan efisien disini peranan seorang guru dalam pembelajaran sangatlah menentukan tingkat keberhasilan yang akan dicapai. Pelaksanaan penelitian ini dirancang dengan beberapa kegiatan yang perlu dilaksanakan dan hal yang perlu dihindari oleh guru dan siswa. penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus dan dalam siklus I dilaksanakan dua pertemuan yang kegiatannya mengobservasi siswa dan guru dalam melaksanakan pembelajaran yang menggunakan metode tutorial. adapun kegiatan yang dilakukan penliti dalam pelaksanaan pengambilan data observasi dibantu oleh tiga orang observer yang juga memperhatikan dan menilai berlangsungnya pembelajaran. Tujuan penelitian ini ingin mengetahui penerapan metode tutorial yang dilaksanakan di kelas X-2 dalam pembelajaran ekonomi pada pokok bahasan permasalahan ekonomi, disamping itu penelitian ini juga bertujuan meningkatkan aktivitas belajar siswa pada saat pembelajaran berlangsung. selain itu peneliti dan guru juga menargetkan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan cara dilihat dari ketuntassan belajar siswa dalam mengerjakan soal-soal yang diberikan pada saat pelaksanaan observasi prasiklus dan akhir pelaksanaan siklus I dan siklus II. keberhasilan evaluasi yag dilaksanakan menggunakan tes ini menunjukan bahwa dalam pelaksanaan metode tutorial dapat memeberikan efek positif terhadap gaya mengajar guru dan keaktifan maupun hasil belajar siswa. Pelaksanaan siklus I masih belum menunjukan adanya peningkatan aktifitas siswa secara keseluruhan karena dalam siklus I ini siswa masih menekankan pada bertanya saja sehingga aktivitas belajar yang lain tidak diperhatikan dan bahkan tidak dilaksanakan, Hal ini diketahui dari beberapa indikator memperhatikan dan menjelaskan mengalami penurunan dari 59,8 menurun menjadi 53 atau menurun sebesar 11.3%, indikator bertanya mengalami peningkatan dari 60 meningkat menjadi 68,3 atau meningkat sebwesar 3%, indikator memberi tanggapan 55,5 meningkat menjadi 57,2 atau meningkat sebesar13,8, dan indikator membuat ringkasan tidak mengalami peningkatan atau tetap. Indikator tersebut secara klasikal masih berada dibawah kriteria keberhasilan aktivitas dalam metode tutorial yaitu mendapat skor 70. Berdasarkan hasil observasi pada siklus II menunjukkan hasil yang baik karena disemua indikator mengalami peningkatan yang cukup tinggi. Ketercapaian keaktifan siswa secara klasikal mencapai peningkatan. Aspek-aspek penilaian terhadap siswa juga meningkat saat proses belajar mengajar berlangsung. Hal ini dapat dilihat pada skor aktivitas siswa selama proses belajar mengajar mengalami peningkatan antara 10% hingga 36%. Indikator memperhatikan dan menjelaskan meningkat dari siklus I yaitu 53 menjadi 72,6 pada siklus II. bertanya juga sama meningkat dari siklus I sebesar 68,3 menjadi 75,2 pada siklus II. Memberi tanggapan siswa terhadap pertanyaan teman sekelas juga mengalami peningkatan dari 51 menjadi 70 atau meningkat sebesar 36,45%. Kebaikan dari penelitian ini adalah dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dari kriteria keaktifan yang rendah menjadi kriteria keaktifan yang tinggi. Hal ini karena bimbingan yang diberikan guru kepada siswa lebih baik dan ditekankan pada siswa yang kurang aktif jadi keaktifan secara klasikal dapat tercapai.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries060210391003;
dc.subjectMetode Tutorial, Aktivitas Belajaren_US
dc.titlePENERAPAN METODE TUTORIAL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA (Studi Kasus Siswa Kelas X-2 SMA 1 Mumbulsari pada Mata Pelajaran Ekonomi Pokok Bahasan Permasalahan Ekonomi Semester Ganjil Tahun Ajaran 2010/2011)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record