Pengaruh Permainan Ular Tangga terhadap Pengetahuan dan Sikap dalam Menghadapi Menarche pada Siswi SDN Pringgowirawan 01 Sumberbaru Kabupaten Jember
Date
2017-01-01Author
Kurniawati, Dini
Rohmana, Devis Yulia
Juliningrum, Peni Perdani
Metadata
Show full item recordAbstract
Menarche merupakan permulaan mentruasi pada remaja putri dan informasi tentang menarche
dibutuhkan supaya siswi dapat mempersiapkan diri dalam menghadapi menarche. Permainan
ular tangga merupakan metode pembelajaran bermain yang cocok diterapkan pada siswi SD.
Penelitian  ini  dilakukan  untuk  mengetahui  pengaruh  permainan  ular  tangga  terhadap
pengetahuan  dan  sikap  dalam  menghadapi  menarche pada siswi  SD. Desain  penelitian  ini
adalah  quasy  experiment dengan  two  group  pretest-postest  treatment  design yang
menggunakan 30 responden dengan 15 responden kelompok eksperimen dan 15 responden
kelompok pembanding (kontrol). Pengambilan data menggunakan  kuesioner yang  dianalisis
menggunakan  Wilcoxon  Signed  Rank  Test.  Hasil  penelitian  menunjukkah  bahwa  ada
peningkatkan  pengetahuan  tentang  menarche sebesar  40,1%  dari  sebelum  diberikan
intervensi,  sedangkan  sikap  positif  siswi  dalam  menghadapi  menarche meningkat  sebesar
46,6% setelah diberikan intervensi. Hasil uji statistik menggunakan Wilcoxon Signed Rank Test
diperoleh hasil masing-masing p=0,001 sehingga p<0,05 yang berarti H1 diterima, yang artinya
ada perbedaan pengetahuan dan sikap yang signifikan antara pre test dan post test sehingga
permainan  ular  tangga  berpengaruh  terhadap  pengetahuan  dan  sikap  dalam  menghadapi
menarche pada kelompok perlakuan. Permainan ular tangga dapat meningkatkan pengetahuan
dan sikap dalam menghadapi  menarche serta metode pembelajaran permainan ular tangga
dapat menjadi salah satu media untuk menyampaikan informasi pada siswi SD.
Collections
- LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7429]
