dc.description.abstract | erdasarkan Praktek Kerja Nyata di PT. PLN (PERSERO) Unit Pelayanan
Dan Jaringan Jember Kota, dalam rentang waktu kurang - lebih satu bulan,
penulis memberikan kesimpulan dalam beberapa kategori sekaligus.
a. Pelayanan adalah ujung tombak bagian pemasaran:
· Pelayanan merupakan pengungkit utama dari citra perusahaan. Pelayanan
yang baik akan menciptakan citra perusahaan yang baik pula. Dengan citra
perusahaan yang baik, maka produk unggulan perusahaan tersebut akan
lebih mudah terjual kepada khalayak luas karena pelanggan akan lebih
yakin dengan kualitas produknya;
· Melayani keluhan pelanggan secara ramah, sabar dan kekeluargaan
merupakan elemen penting dalam aspek pelayanan;
· Memberikan hadiah kecil berupa permen kepada pelanggan yang
membawa anak kecil dapat menambah kesan baik di mata pelanggan.
b. Proses migrasi listrik di PT. PLN (PERSERO) UPJ Jember Kota tergolong
mudah:
· Pelanggan cukup datang ke loket pendaftaran dengan membawa kartu
identitas dan slip pembayaran listrik pascabayar yang terakhir;
· Mengisi formulir pendaftaran;
· Pelanggan diminta menandatangani beberapa berkas pengajuan migrasi
listrik prabayar;
· Membayar deposit token / voucher listrik yang akan diaktivasi oleh staf
bagian teknik;
· Kemudian PT. PLN (PERSERO) akan melakukan cek sisa UJL pelanggan
tersebut dan menerbitkan beberapa berkas penting sesuai dengan data para
pelanggan yang telah memenuhi persyaratan kepada staf bagian teknik
seperti BA, PK, PDL serta surat keterangan aktivasi untuk meter prabayar
yang akan digunakan;
33
34
· Berikutnya, pelanggan tinggal menunggu staf bagian teknik datang ke
rumah pelanggan untuk pemasangan dan aktivasi meter listrik prabayar
sekaligus mengantarkan surat pemberitahuan tagihan listrik susulan bila
terdapat kekurangan pembayaran pada kuota listrik sebelumnya. Atau
dapat juga berupa surat keterangan bonus token / voucher listrik bila pada
pembayaran sebelumnya masih terdapat sisa kuota yang belum terpakai. | en_US |