dc.description.abstract | Preposisi Adalah Kata Yang Berfungsi Untuk Menghubungkan Kata Atau Frase Sehingga Membentuk Frase Eksosentrik. Preposisi Jika Ditinjau Dari Perilakunya Ada 2 Fungsi Yaitu Semantik Dan Sintaksis.Fungsi Semantik Dalam Preposisi Digunakan Untuk Menandai Hubungan Makna Antara Kata Atau Frasa Yang Ada Di Depan Dan Yang Ada Dibelakangnya. Sedangkan Fungsi Sintaksis Dalam Preposisi Berada Didepan Nomina, Adjektiva Atau Adverbia Sehingga Terbentuk Frasa Yang Dinamakan Frasa Preposisional Penggunaan Preposisi Yang Tidak Tepat Dapat Menyebabkan Kalimat Menjadi Tidak Efektif Dan Juga Dapat Menimbulkan Perbedaan Makna.
Penggunaan Preposisi Dalam Karangan Juga Perlu Diperhatikan Agar Karangan Tersebut Enak Dibaca Dan Mudah Dipaham. Adapun Jenis Karangan Yang Digunakan Dalam Penelitian Ini Adalah Bentuk Narasi. Karangan Narasi Berisi Tentang Gambaran Suatu Peristiwa Yang Terjadi Dalam Satu Waktu. Jadi Dalam Penelitian Ini Siswa Diberi Tugas Untuk Membuat Karangan Yang Bertemakan Pengalaman Pribadi Yang Paling Menarik.
Permasalahan Yang Muncul Berdasarkan Latar Belakang Di Atas Adalah Wujud Preposisi Apa Sajakah Yang Terdapat Dalam Karangan Narasi Siwa SMPN 9 Jember Dan Bagaimana Penggunaan Preposisi Dalam Karangan Narasi Siswa SMPN 9 Jember. Tujuan Penelitian Ini Adalah Untuk Memperoleh Deskripsi Tentang Wujud Preposisi Dan Penggunaan Preposisi Dalam Karangan Narasi Siswa SMPN 9 Jember.
Rancangan Penelitian Ini Adalah Kualitatif Jenis Penelitian Bersifat Deskriptife. Sasaran Pada Penelitian Ini Adalah Siswa-Siswi SMPN 9 Jember. Analisis Data Dalam Pnelitian Ini Adalah Menggunakan Metode Analisis Deskriptif Interpretative Yaitu Melalui Tahap Mebclaah Data, Mereduksi Data, Kategorisasi Data, Pemeriksaan Keabsahan Data, Dn Penafsiran Data.
Hasil Analisis Data Menunjukkan Bahwa Wujud Preposisi Yang Terdapat Dalam Karangan Siswa SMPN 9 Jember Yaitu Meliputi Di, Ke, Dari, Dengan, Karena, Untuk, Hingga, Oleh, Bersama, Dan Beserta. Preposisi-Preposisi Tersebut Dapat Dikaji Dan Fungsi Semantik Dan Fungsi Sintaksisnya Kesebelas Preposisi Tersebut Mempunyai Fungsi Semantik Sendiri-Sendiri Yang Menyatakan 'Tempat Berada', 'Tempat Asak', 'Tempat Tujuan', 'Waktu Tertentu', 'Waktu Akhir', 'Asal Bahan', 'Pelaku', 'Tujuan', 'Sebab', 'Cara', Dan 'Penyertaan', Sedangkan Berdasarkan Fungsi Sintatiknya Kesebelas Preposisi Tersebut Berada Di Depan Kata Atau Frase Benda Dan Kata Atau Frase Sifat. Pemggunaan Preposisi Dalam Karangan Narasib Siswa SMPN 9 Jember Masih Ada Yang Kurang Tepat Tersebut Ditemukan Pada Jenis Preposisi Di, Ke, Dan Dari.
Saran Yang Dapat Diberikan Berkaitan Dengan Kesimpulan Adalah Bagi Guru Bahasa Indonesia. Hendaknya Memberikan Latihan-Latihan Kepada Siswa Yang Melakukan Kesalahan Dalam Menggunakan Preposisi Agar Siswa Lebih Mengerti Tentang Penggunaan Preposisi, Utamanya Preposisi Di, Ke, Dari, Pada Sehingga Tidak Melakukan Keslahan Lagi. Bagi Siswa Hendaknya Lebih Memperhatikan Dan Teliti Dalam Menggunakan Preposisi Dalam Kegiatan Menulis Serta Mengerjakan Latihan-Latihan Soal Yang Diberikan Guru Tentang Penggunaan Preposisi. Bagi Mahasiswa Program Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, Hasil Penelitian Ini Dapat Dijadikan Sebagai Bahan Masukan Agar Lebih Memperhatikan Penggunaan Preposisi Utamanya Preposisi Di, Ke, Dari, Pada Dalam Penulisan Sebuah Karya Ilmiah | en_US |