• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Lks (Lembar Kerja Siswa)Berbasis Kolaboratif Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Pada Siswa Di Man 3 Jember

    Thumbnail
    View/Open
    IINAMY NURUL FUAD-140210102110 .pdf (7.934Mb)
    Date
    2018-07
    Author
    FUAD, Iinamy Nurul
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan yang dicapai dalam penelitian ini adalah mengkaji validitas, efektivitas, dan keterampilan proses sains siswa dengan menggunakan LKS (Lembar Kerja Siswa) berbasis kolaboratif. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan prosedur penelitian 4-D yang meliputi difene, design, develop, disminate. Tahap pendefinisian ini dilakukan dengan kegiatan yaitu wawancara dengan salah satu guru fisika di MAN 3 Jember, mengumpulkan informasi atau data-data terkait dengan analisis awal, analisis peserta didik, analisis tugas, analisis konsep. Tahap parancangan ini dimulai dengan merancang produk yang akan dikembangkan berupa bahan ajar LKS (Lembar Kerja Siswa) berbasis kolaboratif untuk meningkatkan keterampilan proses sains pada siswa. LKS (Lembar Kerja Siswa) yang dikembangkan terdiri dari petunjuk penggunaan LKS berbasis kolaboratif, Tujuan, Pendahuluan, Rumusan masalah, Merumuskan Hipotesis, Mengidentifikasi Variabel, Merumuskan Definisi Operasional Variabel, Melakukan Percobaan, Merancang Tabel Percobaan, dan Kesimpulan. Tahap pengembangan pada penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar LKS (Lembar Kerja Siswa) berbasis kolaboratif, yang divalidasi oleh validasi ahli (expert appraisal) yaitu, dosen Pendidikan Fisika Universitas Jember. Tahap penyebaran ini bertujuan untuk menyebarluaskan atau mengujikan produk yang sudah valid kepada siswa, uji coba dilakukan selama 3 kali pertemuan (6x45 menit).
    URI
    http://repository.unej.ac.id//handle/123456789/96769
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15383]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository