• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Tindak Tutur Mendidik Bermodus Larangan Oleh Guru Dalam Kegiatan Pembelajaran di TK Islam Nurul Anshor Situbondo

    Thumbnail
    View/Open
    Sherly Yuli Viana Dewi-140210402014_.pdf (1.109Mb)
    Date
    2018-09
    Author
    DEWI, Sherly Yuli Viana
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian tindak tutur mendidik bermodus larangan oleh guru di TK Islam Nurul Anshor menarik untuk dikaji. Hal tersebut didasari alasan sebagai berikut. Pertama, selama kegiatan pembelajaran di TK Islam Nurul Anshor, ditemukan bahwa guru banyak menggunakan tindak tutur direktif bermodus larangan, karena guru berusaha mengajarkan ke peserta didik agar selalu sopan santun terhadap sesama manusia. Kedua, diusia yang relatif muda, peserta didik memerlukan pengawasan dari guru. Ketika observasi awal, ditemukan perilaku atau tindakan peserta didik yang kurang sopan. Kata-kata yang diucapkan peserta didik kurang sopan atau santun, sehingga peneliti tertarik untuk meneliti tindak tutur mendidik bermodus larangan oleh guru di TK Islam Nurul Anshor. Ketiga, diketahui dari website internet dan skripsi yang relevan bahwa kajian tentang tindak tutur mendidik bermodus larangan belum banyak dilakukan bahkan tidak ada yang meneliti tindak tutur mendidik bermodus larangan terutama dalam pembelajaran di TK. Berdasarkan latar belakang di atas, rumusan masalah penelitian ini adalah (1) bagaimanakah bentuk tindak tutur mendidik bermodus larangan oleh guru dalam kegiatan pembelajaran di TK Islam Nurul Anshor Situbondo?; (2) bagaimanakah modus larangan dalam tindak tutur mendidik oleh guru dalam kegiatan pembelajaran di TK Islam Nurul Anshor Situbondo?; (3) bagaimanakah sikap anak terhadap larangan (perlokusi) guru dalam kegiatan pembelajaran di TK Islam Nurul Anshor Situbondo? Rancangan penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif pragmatik. Data dalam penelitian ini berupa segmen tutur guru dan konteks tuturan yang mengindikasikan tindak tutur mendidik bermodus larangan. Data yang berupa segmen tutur guru digunakan untuk menjawab rumusan masalah pertama dan kedua. Data yang digunakan untuk menjawab rumusan masalah ketiga adalah sikap peserta didik ketika dilarang oleh guru. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi yang meliputi teknik simak catat dan teknik rekam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk tindak tutur mendidik bermodus larangan oleh guru dalam kegiatan pembelajaran di TK Islam Nurul Anshor Situbondo meliputi (1) melarang dengan menggunakan tidak boleh, (2) melarang dengan menggunakan kata jangan, (3) melarang dengan kalimat berita, dan (4) melarang dengan kalimat tanya. Modus larangan dalam tindak tutur mendidik oleh guru dalam kegiatan pembelajaran diantaranya (1) melarang dengan modus deklaratif, (2) melarang dengan modus imperatif, (3) melarang dengan modus interogatif, (4) melarang dengan modus obligatif, dan (5) melarang dengan modus kondisional. Sikap anak terhadap larangan (perlokusi) guru dalam kegiatan pembelajaran diantaranya (1) merespon dengan tindakan positif, (2) merespon dengan tindakan negatif, dan (3) menuruti larangan dengan bertanya.
    URI
    http://repository.unej.ac.id//handle/123456789/96384
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15274]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository