Show simple item record

dc.contributor.authorRiska Mutiara Swastika Putri
dc.date.accessioned2013-12-18T02:08:24Z
dc.date.available2013-12-18T02:08:24Z
dc.date.issued2013-12-18
dc.identifier.nimNIM090210204077
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9628
dc.description.abstractDalam kurikulum mata pelajaran Bahasa Indonesia SD khususnya kelas V menentukan kompetensi dasar yang harus dicapai siswa dalam membaca puisi yaitu mampu membaca puisi dengan lafal, intonasi dan ekspresi yang tepat. Namun kenyataan yang ada di lapangan guru hanya melakukan pembelajaran dengan menggunakan metode ceramah dan siswa hanya menyimak penjelasan yang diberikan oleh guru. Hal tersebut menyebabkan rendahnya hasil kemampuan membaca puisi siswa. Oleh karena itu peneliti menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining agar siswa juga terlibat aktif dalam pembelajaran dan diharapkan kemampuan membaca puisi siswa dapat meningkat. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara di kelas V SDN Jatiroto 01 Jember, kemampuan membaca puisi siswa masih tergolong rendah. Siswa membaca puisi tanpa memperhatikan aspek-aspek yang ada di dalamnya seperti lafal, intonasi dan ekspresi sehingga berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah pula. Beberapa faktor yang mempengaruhi hal tersebut dikarenakan kurang sesuainya metode yang digunakan oleh guru dalam mengajarkan puisi dan guru tidak memberikan contoh cara membaca puisi yang baik dan benar sehingga siswa menjadi pasif dalam pembelajaran. Oleh karena itu diperlukan suatu alternatif untuk meningkatkan kemampuan membaca puisi siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: ix Student Facilitator and Explaining yang dapat meningkatkan kemampuan membaca puisi siswa kelas V SDN Jatiroto 01 Jember tahun pelajaran 2012/2013; dan Subyek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas V SDN 01 Jatiroto Jember tahun pelajaran 2012/2013 dengan jumlah 41 siswa yang terdiri atas 21 lakilaki dan 20 perempuan. Sumber data yaitu guru kelas V dan siswa kelas V SDN Jatiroto 01 Jember. Jenis penelitian adalah PTK dan metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Desain penelitian terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Data hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa kemampuan membaca puisi siswa secara klasikal yaitu sebesar 65,85% dan mengalami peningkatan sebesar 19,51% sehingga pada siklus II menjadi 85,35%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining dapat meningkatkan kemampuan membaca puisi siswa kelas V SDN Jatiroto 01 Jember. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat diberikan saran, bagi guru yaitu penerapan pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining dapat diterapkan pada pembelajaran membaca puisi. Bagi peneliti lain, yaitu perlu pelaksanaan penelitian lebih lanjut mengenai model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining serta diharapkan dapat menemukan sesuatu yang baru agar bermanfaat bagi orang lain.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210204077;
dc.subjectKEMAMPUAN MEMBACA PUISI,MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAININGen_US
dc.titleMENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PUISI SISWA KELAS V SDN JATIROTO 01 JEMBER MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TAHUN PELAJARAN 2012/2013en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record