• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, AND INTELECTUALLY) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VA SDN KERTOSARI 01 PADA MATA PELAJARAN PKn POKOK BAHASAN KEPUTUSAN BERSAMA TAHUN AJARAN 2012/2013

    Thumbnail
    View/Open
    Qismiyatil Hasanah - 090210204041_1.pdf (192.3Kb)
    Date
    2013-12-18
    Author
    Qismiyatil Hasanah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan pendidikan kewarganegaraan pada dasarnya adalah menjadikan warga negara yang cerdas dan baik serta mampu mendukung keberlangsungan bangsa dan negara. Mata pelajaran PKn yang dipelajari dari tingkat dasar sampai tingkat perguruan tinggi benar-benar memiliki peranan yang sentral dan strategis dalam kerangka keseluruhan sistem dan struktur kurikulum pendidikan nasional guna mewujudkan tujuan pendidikan yang telah digariskan. Namun pada kenyataannya, model atau metode yang digunakan guru dalam mengajar tidak optimal mengakibatkan aktivitas dan hasil belajar siswa tidak sesuai dengan yang diinginkan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, And Intelectually) dengan metode bermain peran untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VA SDN Kertosari 01 pada mata pelajaran PKn pokok bahasan keputusan bersama tahun ajaran 2012/2013?. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VA pada mata pelajaran PKn pokok bahasan keputusan bersama menggunakan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, and Intelectually). Rancangan penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah adaptasi model skema Hopkins yang terdiri dari 4 fase meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VA SDN Kertosari 01 Jember sebanyak 36 siswa. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan metode tes. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus dimana tiap siklusnya guru dibantu oleh observer untuk mengamati aktivitas belajar siswa. Berdasarkan analisis data diperoleh, menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, And Intelectually) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan persentase aktivitas belajar siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 58,33% (aktif) dan persentase siklus II sebesar 85,06% (sangat aktif). Sedangkan persentase ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 58,33% yang terdiri atas 21 siswa memperoleh skor tes hasil belajar diatas 72 (nilai KKM mata pelajaran PKn SDN Kertosari 01) dan 15 siswa memperoleh skor tes hasil belajar dibawah 72 (nilai KKM mata pelajaran PKn SDN Kertosari 01). Persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus II secara klasikal sebesar 91,66% yang terdiri atas 33 siswa memperoleh skor tes hasil belajar diatas 72 (nilai KKM mata pelajaran PKn SDN Kertosari 01) dan 3 siswa memperoleh skor tes hasil belajar dibawah 72 (nilai KKM mata pelajaran PKn SDN Kertosari 01). Jadi dapat disimpulkan ketuntasan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II sebanyak 33,33%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, And Intelectually) pada mata pelajaran PKn pokok bahasan keputusan bersama dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dari kategori aktif menjadi sangat aktif dan hasil belajar siswa dari kategori tidak tuntas menjadi tuntas. Saran dalam penelitian ini adalah model pembelajaran SAVI ini hendaknya tidak hanya diterapkan pada mata pelajaran PKn, akan tetapi pada mata pelajaran lain yang sesuai dengan karakteristik pembelajaran SAVI.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9606
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15274]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository