dc.description.abstract | Keberhasilan seseorang dalam belajar juga sangat ditentukan oleh adanya
keinginan atau dorongan untuk belajar. Keinginan atau dorongan untuk belajar
disebut dengan motivasi. Oleh karena itu untuk membangkitkan motivasi, seorang
guru sebaiknya menggunakan media atau alat peraga yang sesuai sehingga dapat
mempercepat atau mempermudah pencapaian tujuan pembelajaran
Komik memiliki lima kelebihan jika dipakai dalam pembelajaran. Kelebihan itu
adalah sebagai berikut:
Penelitian ini bertujuan tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan
proses dan produk pengembangan komik biologi sebagai media pembelajaran pada
pokok bahasan perkembangan dan pertumbuhan untuk siswa SMP kelas VIII. Selain
itu, untuk menghasilkan produk komik tentang pertumbuhan dan perkembangan
mahluk hidup yang dapat meningkatkan pengetahuan peserta didik SMP khususnya
kelas VIII.
Data hasil penelitian diperoleh dari hasil validasi pada validator ahli dan
validator pengguna. Validator ahli terdiri atas tiga dosen jurusan pendidikan MIPA
dan validator pengguna terdiri atas tiga guru SMP di Kabupaten Jember.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa produk yang dihasilkan berupa
komik biologi yang valid atau layak sebagai media pembelajaran. Pada validator ahli
memberi nilai rata-rata 74,9 pada aspek kualitas komik dengan kategori valid. Pada
aspek peran komik sebagai media pembelajaran validator ahli memberi nilai dengan
rata-rata 72,1 dapat dikategorikan valid. Sedangkan pada aspek kelayakan bahasa
validator ahli memberi nilai rata-rata 74,9 dengan kategori valid sebagai media
pembelajaran siswa SMP terutama kelas VIII.
Sedangkan pada validator pengguna memberi nilai rata-rata 97,6 pada aspek
kualitas komik dengan kategori sangat valid. Pada aspek peran komik sebagai media
pembelajaran validator pengguna memberi nilai dengan rata-rata 91,3 dapat
dikategorikan sangat valid. Sedangkan pada aspek kelayakan bahasa validator
pengguna memberi nilai rata-rata 97,2 dengan kategori sangat valid sebagai media
pembelajaran siswa SMP terutama kelas VIII.
Kesimpulannya adalah Kualitas media pembelajaran biologi berupa komik
dapat dilihat dari validasi ahli dan pengguna. Pengembangan media pembelajaran
biologi berupa komik pada materi perkembangan dan pertumbuhan di SMP
berdasarkan rekapitulasi data validasi diperoleh gambaran bahwa validitas media
pembelajaran biologi berupa komik yang dikembangkan adalah 75%; 72%; dan 75%
dengan kategori valid. Sedangkan hasil validasi pengguna | en_US |