Show simple item record

dc.contributor.authorFadhlulloh MS
dc.date.accessioned2013-12-17T13:19:01Z
dc.date.available2013-12-17T13:19:01Z
dc.date.issued2013-12-17
dc.identifier.nimNIM080210103012
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9584
dc.description.abstractKeberhasilan seseorang dalam belajar juga sangat ditentukan oleh adanya keinginan atau dorongan untuk belajar. Keinginan atau dorongan untuk belajar disebut dengan motivasi. Oleh karena itu untuk membangkitkan motivasi, seorang guru sebaiknya menggunakan media atau alat peraga yang sesuai sehingga dapat mempercepat atau mempermudah pencapaian tujuan pembelajaran Komik memiliki lima kelebihan jika dipakai dalam pembelajaran. Kelebihan itu adalah sebagai berikut: Penelitian ini bertujuan tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses dan produk pengembangan komik biologi sebagai media pembelajaran pada pokok bahasan perkembangan dan pertumbuhan untuk siswa SMP kelas VIII. Selain itu, untuk menghasilkan produk komik tentang pertumbuhan dan perkembangan mahluk hidup yang dapat meningkatkan pengetahuan peserta didik SMP khususnya kelas VIII. Data hasil penelitian diperoleh dari hasil validasi pada validator ahli dan validator pengguna. Validator ahli terdiri atas tiga dosen jurusan pendidikan MIPA dan validator pengguna terdiri atas tiga guru SMP di Kabupaten Jember. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa produk yang dihasilkan berupa komik biologi yang valid atau layak sebagai media pembelajaran. Pada validator ahli memberi nilai rata-rata 74,9 pada aspek kualitas komik dengan kategori valid. Pada aspek peran komik sebagai media pembelajaran validator ahli memberi nilai dengan rata-rata 72,1 dapat dikategorikan valid. Sedangkan pada aspek kelayakan bahasa validator ahli memberi nilai rata-rata 74,9 dengan kategori valid sebagai media pembelajaran siswa SMP terutama kelas VIII. Sedangkan pada validator pengguna memberi nilai rata-rata 97,6 pada aspek kualitas komik dengan kategori sangat valid. Pada aspek peran komik sebagai media pembelajaran validator pengguna memberi nilai dengan rata-rata 91,3 dapat dikategorikan sangat valid. Sedangkan pada aspek kelayakan bahasa validator pengguna memberi nilai rata-rata 97,2 dengan kategori sangat valid sebagai media pembelajaran siswa SMP terutama kelas VIII. Kesimpulannya adalah Kualitas media pembelajaran biologi berupa komik dapat dilihat dari validasi ahli dan pengguna. Pengembangan media pembelajaran biologi berupa komik pada materi perkembangan dan pertumbuhan di SMP berdasarkan rekapitulasi data validasi diperoleh gambaran bahwa validitas media pembelajaran biologi berupa komik yang dikembangkan adalah 75%; 72%; dan 75% dengan kategori valid. Sedangkan hasil validasi penggunaen_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210103012;
dc.subjectMedia Pembelajaran Biologi, Comic Booken_US
dc.titlePENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI BERUPA COMIC BOOK PADA POKOK BAHASAN PERKEMBANGAN DAN PERTUMBUHAN UNTUK SISWA KELAS VIII SMPen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record