Show simple item record

dc.contributor.authorDIANA EKA SISKARINI
dc.date.accessioned2013-12-17T13:00:06Z
dc.date.available2013-12-17T13:00:06Z
dc.date.issued2013-12-17
dc.identifier.nimNIM080210193001
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9578
dc.description.abstractDunia pendidikan pada waktu-waktu tertentu selama satu periode pendidikan selalu mengadakan evaluasi. Salah satu evaluasi yang dilakukan oleh sekolah adalah evaluasi sumatif. Pelaksanaan kegiatan evaluasi dilakukan dengan menggunakan alat evaluasi. Salah satu alat evaluasi adalah tes. Penyusunan tes sebagai alat evaluasi harus baik dan berkualitas, agar hasil yang didapatkan tidak bias. Alat evaluasi yang baik, dapat mengetahui atau mengukur kemampuan peserta didik dengan tepat, artinya dengan alat evaluasi yang baik, guru akan mendapatkan data yang valid mengenai perkembangan kemampuan peserta didik dan ketercapaian kompetensi siswa. Soal ujian kenaikan kelas mata pelajaran Sains Biologi yang dilaksanakan di SMP Negeri 10 Jember tahun pelajaran 2011/2012 sebagai salah satu alat evaluasi, perlu dianalisis terlebih dahulu untuk mengetahui kualitas butir ujinya, apakah syarat validitas, reliabilitas, tingkat kesulitan, dan daya pembeda telah terpenuhi ataukah belum, serta untuk mengetahui apakah butir uji dapat menunjukkan seberapa jauh kemampuan siswanya terhadap setiap kompetensi dasar yang harus dicapai pada semester tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis tingkat validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya beda soal sumatif mata pelajaran Sains Biologi kelas VII dan kaitan antara kualitas soal sumatif tersebut dengan capaian kompetensi siswa di SMP Negeri 10 Jember. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 10 Jember. Sampel dalam penelitian ini adalah 37 butir soal pilihan ganda tes sumatif tahun 2011/2012 mata pelajaran Sains Biologi. Metode pengambilan data adalah observasi dan dokumentasi. Analisis validitas isi dilakukan dengan menyesesuaikan dengan kisi-kisi, validitas kriteria dengan rumus korelasi product momen, reliabilitas dengan Cronbach's Alpha, tingkat kesukaran dengan mencari indeks kesukaran, daya beda dengan mencari indeks diskriminasi, dan kaitan soal sumatif dengan capaian kompetensi siswa dengan analisis korelasi Kendall’s Tau menggunakan software computer program Berdasarakan penelitian didapatkan hasil dan kesimpulan bahwa soal sumatif tahun 2011/2012 mata pelajaran sains biologi telah memiliki validitas isi yang baiken_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210193001;
dc.subjectKualitas Soal Sumatif, Mata Pelajaran Sains Biologi, Capaian Kompetensi Siswaen_US
dc.titleKUALITAS SOAL SUMATIF TAHUN 2011/2012 MATA PELAJARAN SAINS BIOLOGI DAN KAITANNYA DENGAN CAPAIAN KOMPETENSI SISWA DI SMP NEGERI 10 JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record